Jumat, 27 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

Lonto Leok Bersama Kadis P dan K Provinsi NTT di bawah Pohon Pancasila

Setelah melakukan kunjungan ke banyak sekolah di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, tepat pada pukul 21.00 WITA Kepala Dinas P dan K dalam hal ini Bapak Linus Lusi, S.Pd, M.Pd, akhirnya mendaratkan kakinya di Lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong.

Dalam kunjungan kerja ke SMAN 3 Borong, beliau disambut dengan Kepok Curu, yang dibawakan oleh seorang siswa dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama didepan diding sekolah yang dipenuhi lukisan mural art karya tangan Komunitas lukis SMAN 3 Borong yang berhasil mengesankan beliau.

Setelah selesai foto bersama di depan mural art, Kepala Dinas P dan K bersama rombongan langsung menuju lahan pertanian untuk mengecek secara langsung penerapan P5 di SMAN 3 Borong.

Dia sangat terkesan dengan apa yang telah dilakukan SMAN 3 Borong dalam menerapkan P5 yang merupakan salah satu tuntutan utama dari kurikulum merdeka.

Setelah mengecek penerapan P5 dan melakukan panen jagung bersama di lahan pertanian SMAN 3 Borong, Bapak Kadis beserta rombongan kemudian diarahkan untuk Lonto Leok atau duduk bersama sambil diskusi di bawah pohon Pancasila.

Sebelum memulai diskusi, Bapak Kadis diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan singkat. Dalam sambutan singkatnya tersebut, beliau mengapresiasi penerapan P5 SMAN 3 Borong. Dia mengaku kalau SMAN 3 Borong bersama SMAN 3 Waingapu merupakan dua sekolah yang telah menjalankan praktik sangat baik dalam menerapkan P5 di NTT.

Seusai beliau menyampaikan sambutan singkatnya, forum diskusi pun dibuka. Dalam diskusi tersebut, pihak sekolah melalui para guru dan para siswa melayangkan beberapa permintaan terkait penambahan sarana dan prasarana dan juga terkait persoalan yang tengah dialami oleh guru PPPK.

Dalam menanggapi permintaan-permintaan tersebut dari pihak seko Kadis P dan K Provinsi NTT memberikan secercah harapan akan mewujud nyatakan permintaan-permintaan tersebut.