Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Rekonstruksi Tri Kompetensi Dasar, IMM FKM Adakan Musyawarah Komisariat ke-XVII

Rekonstruksi Tri Kompetensi Dasar, IMM FKM Adakan Musyawarah Komisariat ke-XVII

Serah terima jabatan ketua umum IMM FKM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Musyawarah Komisariat (Musykom) ke-XVII dengan tema “Rekonstruksi Tri Kompetensi Dasar Membentuk Kader dalam Ghiroh ber-IMM”.

Musykom ini berlangsung pada tanggal 8–10 Januari 2023 di Gedung Dakwah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pembina, Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah (MPK PDM) Kota Yogyakarta, demisioner, dan kader IMM FKM.

Musyawarah komisariat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang berakhirnya masa jabatan IMM selama 1 periode. Melalui kegiatan ini, nilai-nilai dalam Tri Kompetensi Dasar IMM diharapkan dapat direkonstruksi sehingga mampu menjadi penyemangat para kader untuk berjihad.

“Dengan terpilihnya nakhoda baru, harapannya IMM FKM tetap bisa menjadi rumah yang nyaman untuk berpulang setelah menjalani aktivitas yang melelahkan,” ujar Fiina Ilhami Salsabila selaku Ketua Umum periode 2021–2022.

Musykom diawali dengan kuliah umum berupa penyampaian materi oleh Jenal A. Nurfalah, S.Pd.I., M.S.I. selaku MPK PDM Kota Yogyakarta. Jenal menyampaikan bahwa pengkaderan bukanlah segalanya, tetapi dari pengkaderanlah segalanya dimulai.

Hal tersebut menjadi pemantik bagi para kader dalam merekonstruksi Tri Kompetensi Dasar IMM di lingkungan akibat pengaruh globalisasi, bonus demografi, dan kecanggihan teknologi.

Setelah kuliah umum acara dilanjutkan ke sidang pleno yang terdiri atas pembahasan tata tertib, penyampaian laporan pertanggungjawaban, pembahasan rekomendasi dan rancangan periode berikutnya, pemilihan tim formatur, hingga pemilihan ketua umum periode 2023–2024. Berdasarkan hasil musyawarah, terpilihlah Qiroatul Husna sebagai Ketua Umum IMM FKM UAD Periode 2023–2024.

“IMM ini adalah rumah, bukan hanya tempat singgah. Seberat apa pun beban yang dirasakan, jangan lupa pulang ke rumah,” ucap Qiroatul Husna dalam sambutannya. (ish)

uad.ac.id