Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Bangun SPBU, Unpad-Pertamina Retail Usung Pemberdayaan Ekonomi dan Keberlanjutan Ekosistem

Bangun SPBU, Unpad-Pertamina Retail Usung Pemberdayaan Ekonomi dan Keberlanjutan Ekosistem

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menerima kunjungan sejumlah pimpinan dan komisaris PT. Pertamina Retail di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (20/1/2023). Kunjungan dilakukan untuk membahas berbagai potensi kerja sama lanjutan antara Unpad dan Pertamina Retail.

“Kunjungan ini adalah suatu kehormatan bagi kami, sehingga ada yang bisa kita ekspektasikan dan bisa dikerjasamakan,” kata Rektor.

Salah satu kerja sama yang sudah dilaksanakan adalah pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berlokasi di Bale Pabukon kampus Jatinangor. Saat ini, progres pembangunan tengah berjalan dan ditargetkan beroperasi awal Maret 2023 mendatang.

Direktur Utama Pertamina Retail Iin Febrian mengatakan, pembangunan SPBU didorong tidak semata untuk kepentingan bisnis tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar. Nantinya, Pertamina Retail akan menyediakan ruang khusus bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masyarakat Jatinangor.

“Kita tidak hanya mengejar bisnis tetapi mendukung keberlanjutan, sehingga kerja sama ini menjadi kerja sama yang sangat baik,” ujarnya.

Selain itu, dalam mendukung impelementasi tujuan pembangunan berkelanjutan, SPBU ini juga akan terintegrasi dengan pemanfaatan energi terbarukan, yaitu pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta penyediaan stasiun pengisian daya (charging station) untuk kendaraan listrik.

Lebih lanjut Iin mengatakan, kolaborasi dengan Unpad juga akan diarahkan untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Menurutnya, Pertamina Retail memiliki tiga program utama CSR, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kita sangat ingin berkolaborasi. Kita harapkan sivitas akademika Unpad memiliki keterikatan dengan Pertamina secara keseluruhan maupun Pertamina Retail,” ujar Iin.

Menanggapi hal tersebut, Rektor mengatakan ada irisan dari program yang dilakukan Pertamina Retail dengan apa yang dimiliki dan dijalankan Unpad. Unpad memiliki pakar maupun aktivitas yang mencakup tiga program CSR Pertamina Retail.

Rektor juga sepakat akan komitmen Pertamina Retail dalam mendukung implementasi SDGs. Hal ini selaras dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”.

Untuk itu, Rektor meminta agar fasilitas SPBU di kampus Unpad dapat mendukung PIP sekaligus tetap menjaga kenyamanan lingkungan mahasiswa. Hal ini didasarkan, fasilitas SPBU tersebut berdekatan langsung dengan pondokan mahasiswa.

Salah satu yang diupayakan adalah membuat lingkungan sekeliling di SPBU tetap hijau dengan ditanami pohon pelindung. “Ini juga jadi salah satu upaya mengurangi dampak polusi dari adanya SPBU di lokasi tersebut,” pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Komisaris Pertamina Retail yang juga Direktur Jenderal HAM Kemenkumham RI Mualimin Abdi dan sejumlah pimpinan. Sementara dari pihak Unpad, hadir Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Prof. Ida Nurlinda, Direktur Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset Edward Henry, serta Direktur Badan Pengelola Usaha Komersial dan Investasi Diana Sari, PhD.*