Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Implementasikan SDGs, Tim KKN UNDIP Ajak Masyarakat Desa Klampok Kabupaten Brebes agar Lebih Berdaya dan Produktif

Implementasikan SDGs, Tim KKN UNDIP Ajak Masyarakat Desa Klampok Kabupaten Brebes agar Lebih Berdaya dan Produktif

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu wujud pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa serta masyarakat desa. Dengan tujuan membantu warga desa menjadi lebih produktif, tim mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro (Undip) 2022/2023 yang diterjunkan di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes mengadakan kegiatan KKN bertema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Kegiatan KKN Undip Desa Klampok Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes”.

Tim KKN Desa Klampok yang beranggotakan 8 mahasiswa dari berbagai fakultas di Undip melaksanakan KKN mulai tanggal 3 Januari sampai 16 Februari 2023. Anggota tim KKN Desa Klampok yaitu Ahmad Rusdiyanto (SV), A. Zainul Majied Noor (FEB), Amalina Riyadlotul Kholisha (FIB), Damaris Anggun Sasmita (FT), Felissha Safa Naila (SV), Ferel Rico Albani (FT), Fina Kamila Putri (SV), Nourmalia Indah Prasanti (FK).

Ahmad Rusdiyanto selaku Koordinator Desa tim KKN Desa Klampok menjelaskan alasan timnya memilih Desa Klampok karena desa tersebut belum pernah dijadikan sebagai tempat KKN Undip dan memiliki potensi yang belum tentu dimiliki semua desa. “Desa Klampok memiliki potensi berupa SDM yang berperan secara aktif dan memiliki antusiasme yang tinggi dalam setiap kegiatan desa,” ungkap Ahmad saat diwawancarai oleh Tim Humas Undip.

Mahasiswa tim KKN Desa Klampok turut berpartisipasi dalam pembuatan desain taman edukasi beserta realisasinya. Taman tersebut merupakan harapan masyarakat Desa Klampok yang belum terealisasikan. Selain itu, tim mahasiswa Undip juga melakukan demonstrasi pembuatan makanan corndog kepada ibu-ibu PKK Desa Klampok di acara PKK rutin. Terlihat antusiasme dari ibu-ibu PKK Desa Klampok atas demonstrasi memasak, dan masyarakat desa pun mendukung serta menanti program kerja yang akan dilaksanakan oleh tim KKN Undip.

Pada event PORSENI antar desa, tim KKN Undip turut dilibatkan sebagai peserta lomba PORSENI sebagai perwakilan dari Desa Klampok.

“Di samping pentingnya sebagai syarat kelulusan, KKN adalah tempat untuk meningkatkan skill individu mahasiswa dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat dengan mengasah kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi. KKN akan mengajarkan kalian untuk bekerja sama dengan orang-orang yang baru kalian kenal. Dalam menyelesaikan program kerja bersama, menjaga komunikasi dan kekompakkan antar anggota tim sangat diperlukan. KKN bukanlah hal yang menyeramkan seperti cerita-cerita dalam film, yang utama adalah menjaga sikap dengan masyarakat sekitar dan menjaga norma yang ada di lingkungan dimana kita berada,” pesan Ahmad kepada teman-teman mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN secara luring. (Titis – Public Relations)