Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Workshop pembuatan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai)

Workshop pembuatan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai)

SMA Laboratorium Unsyiah menggelar workshop pembuatan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) Sabtu 21 Januari 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu capaian kerja dalam program kerja sekolah. Kegiatan dihadiri oleh seluruh guru dan staf merupakan inisiasi kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd melalui tim pelaksana bidang kurikulum ibu Anneza Astriet S.Pd.,Gr.,M.Si dan ibu Chaera Usrati.S.Pd.,Gr. Berhasil menghadirkan ibu Qurrata A’yun, S.AB. bidang Analis kinerja, Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional XIII Aceh.
Kata sambutan dari Wakasek Dr. Rini Safitri,M.Si berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi paduan kerja secara standar nasional. Hal ini merupakan tanggung jawab dan pemahaman bersama meningkatkan potensi dan kinerja sekolah.
Semangat bapak ibu terus diharapkan dapat terus diwujudkan dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan.

Arahan dari ibu pengawas pembina sekolah ibu Nurmila, S.Pd.M.Si, menyatakan SKP mengalami perubahan membingungkan dari tahun 2021, karena adalannya perubahan kebijakan. Melalui kegiatan ini diharapkan mendapat suatu pencerahan yang baik bagi guru dan staf , dibutuhkan sebagai dokumen administratif kepegawaian seperti naik pangkat, mutasi dan lainnya. Peraturan baru sekarang adalah semua ASN wajib mengisi SKP di e-kinerja di provinsi. Termasuk guru.
Membuat SKP yang manual, verifikasi guru membuat SKP point’ pertama merencanakan pembelajaran, pelaksanaan, dasar nya dari hasil PKG.

Menurut pemateri ibu Qurrata SKP sekarang sangat berbeda, melalui gambaran seluruh organisasi. Pembuatan SKP untuk layanan Kepegawaian dan pengukuran kinerja bagi ASN. Evaluasi performance bagi yang tenaga kontrak dari atasan langsung seperti KTU, atau kepsek dengan siapa melakukan review performa rencana kinerja.

SKP pimpinan dari target sekolah, tergambar dalam SKP kepala sekolah baru guru dan staf menyusun skp pegawai.
Membedakan SKP adanya lampiran kinerja.
Perilaku direncanakan diawal tahun ada lampiran menyamakan ekspektasi pimpinan dan pegawai.

Tujuan pembuatan SKP garis besarnya adalah:

  1. Pengembangan Karier PNS ( mutasi promosi dan pengembangan kompetensi berdasarkan kinerja)
  2. Manajemen talenta talent tools ( kinerja pegawai harus menjadi salah satu dasar penempatan talent polos)
  3. Dasar tunjangan kinerja berdasarkan pencapaian kinerja
  4. Pemberian penghargaan
  5. Pemberian sangsi

Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan kinerja pegawai SMA Laboratorium Unsyiah.