Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

ITB Semarang Studi Banding ke SCU Perihal Penjaminan Mutu

ITB Semarang Studi Banding ke SCU Perihal Penjaminan Mutu

Soegijapranata Catholic University (SCU) atau yang dikenal dengan Unika Soegijapranata menerima kunjungan dari Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang. Kunjungan ini berlangsung pada Rabu, 18 Januari 2023 di Ruang Hijau, Gedung Mikael, SCU.

Kunjungan studi banding yang dilakukan oleh ITB Semarang ini disambut baik oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. A. Joko Purwoko, SH. M.Hum. Pasalnya studi banding yang dilakukan ini terkait dengan sistem penjaminan mutu khususnya tentang audit mutu internal.

“Studi banding ini membahas mengenai penjaminan mutu perguruan tinggi, salah satunya audit mutu internal. Secara umum terkait bagaimana pengelolaan institusi dengan baik dan membangun budaya mutu,” tutur Joko Purwoko.

Selain itu, studi banding yang dilakukan ITB Semarang ini ingin melihat lebih jauh bagaimana SCU membangun mutu pendidikan yang berangkat dari standar atau indikator yang telah ditetapkan oleh SN DIKTI terkait Standar Nasional Perguruan Tinggi.

“Bagaimana pengelolaan sebuah institusi perguruan tinggi yang baik, kemudian membangun budaya mutu dan tadi membahas kemungkinan-kemungkinan kerja sama, dimana Unika Soegijapranata atau SCU dimohon untuk bisa bekerja sama khususnya terkait penjaminan mutu,” terang Joko.

ITB Semarang juga berdiskusi terkait bagaimana mengimplementasikan atau menerapkan mutu pendidikan untuk memenuhi standar serta mengenai bagaimana langkah yang dilakukan untuk melampaui standar tersebut. Secara umum, ITB Semarang ingin mempelajari lebih jauh terkait pengelolaan organisasi dan penjaminan mutu di SCU. 

Sebagai institusi pendidikan, SCU terbuka dalam menerima studi banding dan diskusi-diskusi terkait bagaimana penjaminan mutu dalam institusi pendidikan. Kiranya studi banding ini dapat menjadi manfaat antara SCU dengan ITB Semarang. [Humas SCU/Kris]