Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Dosen FT UMJ Raih Gelar Doktor Bidang Teknologi Industri Pertanian

Dosen FT UMJ Raih Gelar Doktor Bidang Teknologi Industri Pertanian

Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta Wiwik Sudarwati berhasil meraih gelar doktor dalam bidang teknik industri pertanian berdasarkan Sidang Promosi Program Doktor Teknik Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor. Sidang promosi digelar di Gedung Sekolah Pascasarjana Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/01).

Turut hadir dalam sidang promosi Dr. Ma’mun Murod, M.Si (Rektor UMJ), Dr. Ir. Mutmainah, MM (Wakil Rektor II UMJ), Renty Anugerah Mahaji Puteri (Ketua Program Studi Teknik Industri FT UMJ), Meri Prasetyawati (Sekretaris Program Studi Teknik Industri FT UMJ) serta dosen Program Studi Teknik Industri FT UMJ.Dosen dan Ketua LPPM UMJ Prof. Dr.Ir. Tri Yuni Hendrawati turut hadir dalam sidang promosi tersebut sebagai promotor luar komisi.

Baca juga : FT UMJ dan Persatuan Insinyur Indonesia Peringati Hakordia 2022

Melalui disertasi yang bertajuk Strategi Pengembangan Agroindustri Rumput Laut di Kepulauan Seribu, Wiwik berhasil mengidentifikasi dan menganalisis potensi dan peluang pengembangan serta berbagai permasalahannya. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Wiwik, Indonesia sebagai penghasil rumput laut terbesar ke dua setelah China dengan angka 9.962.900 ton pada 2019 dan 1.04% . 

Angka tersebut hanya berasal dari 1.2% lahan yang dimanfaatkan dari keseluruhan lahan rumput laut yang tersedia. Oleh karenanya sebagai salah satu lahan penghasil rumput laut, Kepulauan Seribu memiliki potensi besar untuk pengembangan agroindustri rumput laut. Perairan Kepulauan Seribu didominasi oleh terumbu karang, padang lamun, dan daratan pulau karang yang sangat potensial untuk pertumbuhan rumput laut.

Wiwik juga mengembangkan sistem pengambilan keputusan pemilihan produk olahan rumput laut unggulan dengan menggabungkan metode perbandingan eksponensial (MPE) dengan fuzzy. Serta berhasil memetakan dan mengevaluasi saluran pemasaran produk olahan rumput laut terpilih yaitu rumput laut kering, dan memilih saluran terbaik berdasarkan analisis margin pemasaran dan former share dari setiap saluran. (DN/KSU)