Minggu, 29 Januari 2023
Sekolah Dasar

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, MI SANANUL ULA DARAMAN GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, MI SANANUL ULA DARAMAN GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK

Sabtu (21/01/2023), MI Sananul Ula Daraman menggelar Pelatihan Pengembangan Media Big Book dan Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Sananul Ula dengan narasumber Tibyani Mubarok, S.Pd.I, yang diikuti oleh Kepala madrasah, guru, dan karyawan madrasah.

Pelatihan ini dimulai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, sambutan dari kepala madrasah, pemaparan materi, tanya jawab, diskusi & unjuk kerja, dan diakhiri penutup.

Ridwan, S.E selaku kepala madrasah dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat memberikan dampak pada prestasi madrasah. “Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru sehingga dapat mendongkrak prestasi madrasah, khususnya pada bidang akademik”, tuturnya.

Kepala MI Sananul Ula Daraman menyampaikan sambutan pada acara Pelatihan Pengembangan Media Big Book & Pembelajaran Aktif Menyenangkan

Pada kegiatan inti, Tibyani menyampaikan bahwa Media Big Book merupakan media pembelajaran yang efektif dan dapat digunakan untuk semua kelas. “Big Book merupakan media pembelajaran berupa buku yang memiliki ukuran, gambar dan tulisan yang besar. Pada mulanya Big Book digunakan untuk media belajar membaca kelas awal, namun dalam perkembangannya Big Book dapat dikembangkan ke berbagai materi pada mata pelajaran kelas atas. Misalnya materi magnet, gerhana, materi keagamaan dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, Tibyani juga menyebutkan tips pembelajaran menyenangkan, “Hindari berdiri di satu posisi, pancing ide anak sebanyak-banyaknya, gunakan metode bervariasi, berikan perhatian ke semua anak, dan maksimalkan penggunaan teknologi,” tambahnya.

Thibyani Mubarok, S.Pd.I menyampaikan materi pada acara Pelatihan Pengembangan Media Big Book & Pembelajaran Aktif Menyenangkan

Adapun Ridwan memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan ini. “Terimakasih kepada narasumber, panitia dan para peserta. Semoga pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga proses pembelajaran kita semakin efektif,” pungkasnya.* (SUK)