Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

ILITS 2023 Gelar Try Out Berhadiah Freepass Masuk ITS

ILITS 2023 Gelar Try Out Berhadiah Freepass Masuk ITS

Suasana pelaksanaan Try Out ILITS 2023 yang berlokasi di Lab Komputer gedung Statistika ITS

Kampus ITS, ITS News — Mendekati seleksi masuk perguruan tinggi, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, tak terkecuali tentang pemahaman akademis pembelajaran. Oleh karena itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Ini Lho ITS! 2023 mengadakan Try Out persiapan masuk perguruan tinggi bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Sabtu (7/1), dengan hadiah utama freepass masuk ke ITS.

Kepala Subdivisi Regional Event, Marsekal Dias Sugama, menerangkan bahwa Try Out tahun ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan, soal yang diberikan tidak berasal dari vendor bimbingan belajar, melainkan dibuat langsung oleh Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS. “Soal yang diberikan adalah setara soal seleksi mandiri ITS,” ungkapnya

Mahasiswa yang akrab disapa Dias ini melanjutkan, perubahan pihak dalam pembuatan soal tersebut dikarenakan kegiatan Try Out ILITS 2023 ini merupakan tempat untuk mewadahi peserta bersaing memperebutkan jalur freepass untuk bisa menjadi mahasiswa ITS. Jalur tersebut hanya diperuntukkan bagi pelajar yang menjadi peringkat pertama pada tiap subtes Soshum atau Saintek. “Dengan itu, mereka bisa bebas memilih jurusan yang mereka inginkan,” sambung Dias.

Proses registrasi ulang peserta Try Out sebelum memasuki ruang Try Out

Dengan diikuti oleh 814 peserta, subtes soal Saintek dan Soshum memiliki jumlah pembobotan yang sama. Kedua subtes tersebut masing-masing terdiri atas 120 soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan 120 soal Tes Potensi Skolastik (TPS). “Dengan kumulatif 240 soal, mereka diberikan waktu total tiga jam untuk menyelesaikannya,” terang mahasiswa Teknik Lingkungan itu. 

Lebih lanjut, Dias menyebutkan, kegiatan Try Out ini juga tidak hanya berpusat di Surabaya, melainkan terdapat pula Try Out Welcome Forum Daerah (Forda). Try Out tersebut dapat diikuti oleh seluruh pelajar SMA di Indonesia dan dilaksanakan secara daring. Sehingga melalui Welcome Forda, ILITS juga tetap bisa memberikan kesempatan bagi pelajar SMA di luar Surabaya untuk mendapatkan jalur freepass masuk ITS.

Salah satu peserta yang tengah serius menyelesaikan soal Try Out

Try Out ini merupakan bagian dari rangkaian acara Open Campus Nirwana Asa Ini Lho ITS! (ILITS) 2023. Kegiatan berskala Nasional  tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana teknis dalam Seleksi Nasional Berbasis Tulis (SNBT) kepada para pelajar SMA. “Hal itu dikarenakan lokasi dan perangkat yang peserta gunakan akan sama dengan yang digunakan pada SNBT nanti,” ujar Dias.

Dengan serangkaian acara Try Out ILITS 2023, Dias berharap dengan Try Out ini semoga semangat perguruan tinggi pelajar SMA di Indonesia bisa semakin meningkat. Terlebih berbagai hadiah menarik serta freepass masuk ITS turut menjadi penunjangnya. “Diharapkan juga dengan ini, pelajar SMA bisa lebih siap dalam menghadapi SNBT dan seleksi tulis masuk perguruan tinggi lainnya,” tutup Dias penuh harap. (*)

 

Reporter: Nabila Hisanah Yusri
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal