Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Guru Layaknya Pewaris Para Nabi 

Guru Layaknya Pewaris Para Nabi 

Guru layaknya pewaris para nabi, karena memiliki tugas dan peran penting tidak hanya mentransfer pengetahuan melainkan menyerahkan figur nyata. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A di acara seminar dan Pembekalan pengenalan lapangan persekolahan terintegrasi kuliah kerja nyata. Seminar dan pembekalan yang bertemakan ‘Seminar Guru Profesional, Beretika dan Merdeka’ diselenggarakan pada Jumat (20/01) di Aula Pascasarjana Fakultas Pertanian.  

Seminar dan pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  memberikan pemahaman kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan terkait dengan etika guru profesional guna berhadapan dengan peserta didik.

Etika yang dimaksud adalah menyiapkan sikap profesionalitas mahasiswa, salah satunya mempelajari kompetensi pedagogik yakni dengan memahami kurikulum secara menyeluruh dan kompetensi kepribadian. Dengan begitu, para mahasiswa khususnya para calon guru dapat memahami keseluruhan permasalahan peserta didik dan memahami karakter serta bisa mengondisikan peserta didik. 

Berkaitan dengan etika, Herwina menjelaskan sebagai guru perlu mengajarkan kesopanan pada peserta didik yang kini hampir hilang di tengah masyarakat, “kita perlu prihatin bahwa sekarang kebanyakan orang berbangga dengan menyebarkan fitnah dan merasa biasa berkata-kata kasar,” ujar Herwina. 

Profesi guru adalah profesi melelahkan tetapi sangat besar nilai ibadahnya, karena guru merupakan sentral figur bagi murid dalam artian memiliki tugas yang tidak hanya mentransfer pengetahuan melainkan menyerahkan figur nyata. Maka, guru memiliki tugas dan peran penting sebagai pewaris dan penerus para nabi. 

Hadil dalam kegiatan Hastri Rosiyanti, M.PMat. dan Dr. Muhammad Sofian Hadi, M.Pd., sebagai narasumber yang menjelaskan tentang teknis pelaksanaan PLP dan KKN, serta kurikulum merdeka. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr.Iswan, SE.,M.Si. berharap para mahasiswa selain membuat program pendidikan diharapakan membuat luaran kegiatan dan jurnal yang dapat dipublikasikan kepada masyarakat. (RN/KSU)