Minggu, 29 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

Persiapan SEASO 2023 di Malaysia, SMASA Ikuti Pelatihan Tim Gabungan di SMAN 2 Jember

Persiapan SEASO 2023 di Malaysia, SMASA Ikuti Pelatihan Tim Gabungan di SMAN 2 Jember

Sebanyak 12 guru dan 11 siswa SMAN 1 Situbondo hadir dalam acara Pembinaan Tim Gabungan SEASO (Seameo Science Olimpiyad) 2023 yang berlangsung di SMAN 2 Jember, Minggu (22/1). Peny Oktamilia, S.Pd., Gr., salah satu delegasi pembina dari SMASA mengatakan acara tersebut merupakan persiapan awal sebelum mengikuti event pendidikan terbesar se asia tenggara yang akan berlangsung di Malaysia tersebut.

“Setiap pembina pegang 2 sampai 3 kelompok dengan total ada 11 kelompok,” ungkap Bu Peny.

Acara pelatihan tersebut diikuti total 57 siswa dari 19 sekolah se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kacab Bondowoso, Kacab Sidoarjo, dan sejumlah Kasek.

Pada pelatihan tersebut, materi latihan dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama, siswa mengerjakan soal Matematika, sesi kedua soal-soal sains, sesi ketiga membuat proyek telur ajaib, serta sesi keempat membuat jembatan sesuai dengan petunjuk. Dari semua sesi, siswa SMASA mampu bersaing dan menunjukkan performa yang maksimal.

“Semua soal-soalnya itu disusun dalam bahasa Inggris. Lalu yang menarik ada sesi proyek telur ajaib. Projek STEM 1 ini telur dijatuhkan dari lantai 2 di SMADA Jember dan tidak pecah,” pungkas Bu Peny.

Kacabdin Bondowoso, Ahmad Jaenuri, S.Pd., M.Pd, berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan. “Temawork harus solid dan terus dijaga untuk menjadi tim yang hebat dan siap jadi juara,” tutur Pak Jaenuri.

Sementara itu Kepala SMASA, Marta Mila Sugesthi, S.Pd., S.S., M.Pd berharap siswa SMASA dapat menunjukkan hasil yang maksimal dalam event di Malaysia itu.

“Dengan mengikuti latihan ini, siswa SMASA lebih siap dan mampu menorehkan prestasi dalam ajang SEASO 2023,” tutur Bu Marta yang dalam tim gabungan tersebut dipercaya sebagai sekretaris sekaligus koordinator lapangan.
__
Penulis: Moh. Farhan, S.S. | Foto: Arsip Panitia.