Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

BSDM Gelar Konsolidasi untuk Wujudkan Pegawai Unggul

BSDM Gelar Konsolidasi untuk Wujudkan Pegawai Unggul

Konsolidasi oleh Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: BSDM UAD)

Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar konsolidasi selama 3 hari pada 13‒15 Januari 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh 33 peserta yang terdiri atas Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum; Kepala Kantor Fakultas; dan Tim Pengembang SDM Fakultas atau Tim Penjaminan Mutu Fakultas.

Kegiatan konsolidasi diselenggarakan sebagai usaha untuk menyatukan dan memperkuat hubungan antarunit kerja yang menangani pengelolaan SDM di lingkungan UAD. Dalam sambutannya, Kepala BSDM UAD Dr. Hendro Widodo, M.Pd. menyampaikan bahwa agenda ini penting dilakukan karena telah terjadi perubahan struktural yang menempatkan SDM ke dalam satu bidang khusus yang ditangani secara mandiri. “Struktur organisasi tersebut perlu dikonsolidasikan sehingga tercipta kesamaan visi misi, tujuan, serta sinergi dan kolaborasi dalam program bidang SDM di UAD,” imbuhnya.

Hal senada juga ditegaskan oleh Dr. Norma Sari, M.Hum. selaku Wakil Rektor Bidang SDM bahwa agenda konsolidasi diharapkan mampu menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mewujudkan pegawai UAD yang unggul dan berkemajuan. “Pemahaman terhadap regulasi internal dan eksternal, tugas pokok, wewenang dan fungsi bidang SDM, hingga kerja sama program aksi perlu dikonsolidasikan dengan baik,” terang Norma.

Ia pun menekankan bahwa pengelola bidang SDM harus memahami budaya organisasi yang dikembangkan di lingkungan UAD. Tiga nilai dasar UAD yaitu inovatif (imtiyaz), profesional (itqan), dan dedikatif (ihsan) perlu diaktualisasikan dalam perilaku pegawai dan program-program strategis SDM. Usaha tersebut penting dilakukan agar tumbuh kesadaran dalam diri pegawai untuk mewujudkan visi misi dan tujuan UAD.

Rangkaian acara diisi dengan berbagai materi yang bervariasi mulai dari yang bersifat penguatan, aplikatif, percepatan karier, pendidikan dan pelatihan pegawai, sistem informasi, hingga evaluasi kinerja pegawai. Narasumber yang hadir juga berbeda untuk setiap penyampaian materi, seperti Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., Badan Pembina Harian (BPH) UAD Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo, S.H., LL.M., dan masih banyak lagi. Kegiatan diakhiri dengan sesi outbond bersama dan penyusunan kesepakatan program bersama. (tsa)

uad.ac.id