Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

WUJUDKAN TECHNO UNIVERSITY, REKTOR UIN BANDUNG BUKA RAKER FST 2023

WUJUDKAN TECHNO UNIVERSITY, REKTOR UIN BANDUNG BUKA RAKER FST 2023

(UINSGD.AC.ID)-Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Rapat Kerja (Raker) tahun 2023 bertajuk “Bersinergi Membangun Tradisi Saintek Juara” di Aula FST, Jumat (20/1/2023).

Raker 2023 ini menghadirkan narasumber: Wakil Rektor I, Prof Dr H Rosihon Anwar MAg, Wakil Rektor II, Prof Dr H Tedi Priatna MAg., Wakil Rektor III, Prof Dr H Ah Fathonih MAg., Wakil Rektor IV, Prof Dr Hj Ulfiah MSi., yang dipandu oleh Dr Elis Ratna Wulan, MT.,

Dalam sambutannya, Prof Dr H Mahmud MSi CSEE berharap keberadaan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) harus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Techno University.

“Saya atas nama rektor memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras selama ini, karena sudah banyak program unggulan dari Sainstek. Intinya lanjutan apa yang sudah dilakukan Sainstek. Program kerja harus meruju pada Renstra, IKU dan Perkin. Kalau sudah kita buatkan lompatan-lompatan agar bisa lebih meningkatkan capaian,” tegasnya.

Upaya mewujudkan Techno University bisa dilakukan dari pemanfaatan dan penggunaan bidang sains dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari ini kita ikut memanfaatkan kehadiran masjid Al Jabbar, kita olah sedemikian rupa agar bisa dimanfaatkan. Di samping masjid kita buatkan permainan pintu terbuka atau tidak dengan membaca Alquran. Misalnya kehadiran wedding yang dilakukan pada hari libur Sabtu-Minggu untuk meningkatkan pendapatan kampus. Ketika pergi ke masjid terdapat tulisan tolong hpnya dimatikan, disesuaikan. Artinya Sainstek belum hadir. Padahal pada saat masuk masjid bisa dibuat sistem atau aplikasi hpnya langsung mati. Ini memberikan potensi ekonomi dan pendapatan. Ruang ini bisa kita lakukan, manfaatkan dalam mewujudkan techno university,” jelasnya.

Menurutnya dengan segala potensi yang dimiliki oleh dosen, tenaga kependidikan, kita bisa ikut menciptakan mahasiswa hebat yang luar biasa.

“Bagi saya mahasiswa yang hebat, bukan hanya cerdas, tapi model begini yang diambil dari Ketua-ketua OSIS, dihargai, diberikan ruang jalur prestasi, yang sudah terbiasa menghadapi masalah, dituntut untuk cepat, tepat mencari kebenaran dan mengambil kebijakan yang sesuai sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Dekan FST, Dr Hasniah Aliyah MSi menyampaikan kegiatan rapat kerja ini merupakan rangkaian dari rapat koordinasi antar program studi, laboratorium, sosialisasi hasil kerja Dekanat dan peluncuran pelayanan terpadu di kantor ramah lingkungan.

Dengan tujuan untuk penyampaian realisasi dan evaluasi IKU Fakultas selama satu tahun terakhir, sosialisasi target capaian tahun 2023, dan mempererat silaturahmi antar pegawai di lingkungan FST.

“Hari ini mendapatkan arahan dari Pa Rektor, para Wakil Rektor berkenan dengan program prioritas, sharing terkait Fakultas MIPA, ketersambungan dengan industri, transformasi budaya kerja, Fakultas Teknik UGM,” ujarnya.

Selama ini, pimpinan universitas yang telah mempercayai program nasional kepada Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mulai dari Program Beasiswa Non-Gelar, pilot project pembangunan zona integritas wilayah bebas korupsi, sampai e-office, kantor program ramah lingkungan, korespondensi tidak melalui kertas, beralih jadi elektronik, sehingga mengurangi kertas, mengurangi plastik.

“Momentum tahun 2023 sebagai e-office, yang ditandai dengan peluncuran tumbler FST Juara, tidak ada botol plastik, meskipun tempat, tetap memakai air Sunan Gunung Djati, mudah-mudahan ini bisa lakukan secara konsisten, dalam mewujudkan kampus ramah lingkungan,” tandasnya.

Wakil Dekan III Dr Aep Saepulloh MAg menambahkan Raker 2023 ini tidak hanya diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan, tapi mahasiswa berprestasi, pimpinan mahasiswa di lingkungan FST. “Dengan harapan hadirnya mahasiswa berprestasi semakin memberikan kontribusi positif untuk capai membanggakan kampus, khususnya di FST yang memiliki slogan FST Juara,” pungkasnya. (Harry/Kontributor)