Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Wisuda ke-117, Rektor Pesankan untuk Menjadi Alumni yang Adaptif Kepada Wisudawan

Wisuda ke-117, Rektor Pesankan untuk Menjadi Alumni yang Adaptif Kepada Wisudawan
image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd bersama para lulusan terbaik wisuda UM ke-117

UM (Universitas Negeri Malang) sukses menyelenggarakan wisuda ke-117 di awal tahun 2023. Acara yang diikuti oleh 977 mahasiswa dari setiap tingkatan ini dilaksanakan pada Sabtu (21/01) di Graha Cakrawala. Selain digelar secara luring, wisuda ke-117 juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube UM Channel bagi sanak keluarga serta teman yang berhalangan hadir atau terbatasnya kuota tamu undangan. Seremonial akhir yang menjadi puncak dari seluruh kegiatan belajar di UM ini dihadiri oleh Ketua Senat, Rektor dan Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua Departemen dan Panitia yang bertugas.

Penyerahan Buku Alumni Wisuda ke-117 UM oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd kepada Sekretaris IKA UM, Dra. Hj. Fatmawati.

Jumlah wisudawan yang terdaftar kali ini adalah 1.001 mahasiswa dan dari keseluruhan lulusan wisuda periode 117 tersebut, terdapat 4 (empat) mahasiswa berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yakni telah meraih IPK tertinggi tingkat universitas dengan masa studi terpendek. Nama-nama keempat lulusan tersebut adalah sebagai berikut:

Program Doktor : Dr. Erni Angraeni; lama studi 6 semester; IPK 3,99; Program Studi S3 Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); yudisium Dengan Pujian.

Program Magister : Racy Rizky Abdillah, M.Pd.; lama studi 3 semester, IPK 3,97; Program Studi S2 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); yudisium Dengan Pujian.

Program Sarjana : Alfan Bramantya, S.Pd.; lama studi 7 semester; IPK 3,88; Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS); yudisium Dengan Pujian.

Program Diploma : Nimas Putri Pinanjung, A.Md.; lama studi 6 semester; IPK 3,79; Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); yudisium Dengan Pujian.

Sementara itu, lulusan terbaik pada bidang non akademik pada wisuda ke-117 ini diraih oleh Diah Ayu Meiliniasari, S.IP., dari Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra (FS) dengan IPK 3,84 dan yudisium Dengan Pujian.

Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., memberikan pesan kepada seluruh wisudawan untuk terus adaptif terhadap perubahan agar bisa terus eksis. “Salah satu hakikat hidup dan kehidupan adalah perubahan. Perubahan itu sunnatullah ‘hukum Allah’, perubahan itu merupakan keniscayaan. Modus perubahan bisa berupa evolusi, konstruksi, rekonstruksi, dekonstruksi bahkan destruksi; atau bisa dari tidak ada, diadakan, dan tiada lagi. Oleh karena itulah, penyelenggaraan pendidikan di UM yang telah dan akan kami lakukan selalu berpegang pada prinsip integratif, kolaboratif, dan inovatif. Demikian juga, pendidikan di UM menerapkan pendekatan kurikulum berbasis KAPABILITAS dengan pembelajaran berbasis kehidupan (life based learning) dan tidak semata-mata konsentrasi pada penguasaan bidang studi,” ungkap Prof. Hariyono.

“Dengan prinsip dan pendekatan tersebut, kami yakin para wisudawan menjadi insan-insan tangguh dan sukses dalam menghadapi perubahan dan tantangan hidup dan kehidupan di era kini dan akan datang. Tentu saja, ketangguhan dan kesuksesan sangat bergantung pada keuletan, ketabahan, dan keberanian diri dalam merespons perubahan, kesulitan, dan tantangan. Untuk itulah walaupun anda sudah dinyatakan lulus dan diwisuda hari ini, harap anda terus kembangkan imajinasi kreatif sehingga anda menjadi manusia yang berani berpikir besar dan berjiwa besar. Anda semua adalah alumni Universitas Negeri Malang yang luar biasa,” pungkas Rektor UM.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.