Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

UMSU Terima Kunjungan dan Silaturahim UMRI

UMSU Terima Kunjungan dan Silaturahim UMRI

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sambut baik kunjungan dan silaturahmi Universitas Muhammadiyah Riau, dalam rangka telaah pendirian program studi pendidikan kedokteran UMRI, Senin (23/1) di Gedung Rektorat UMSU Jl. Muchtar Basri, No. 3 Medan.

Rektor UMRI yang diwakilkan WR II UMRI Dr. H. Rasyad Zein, MM menyampaikan ingin berguru dengan UMSU.

“Kami ke sini ingin berguru dan menimbah pengalaman. Ajarilah bagaimana susah suka dukanya UMSU bisa mendirikan Fakultas Kedokteran, hendaknya kita juga bisa seperti itu,” harapnya.

Mendengar hal tersebut, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dalam sambutannya, menceritakan pondasi berdirinya Fakultas Kedokteran (FK) UMSU yang telah tersusun di dalam road map 2018-2033. Dia juga mengatakan bahwa FK UMSU berkemajuan karena tata kelola dijalankan sesuai regulasi.

“Setalah kita membuka FK UMSU, tidak langsung banyak mahasiswa yang kuliah di FK UMSU. Tantangan kita waktu itu menyiapka infrastruktur dan SDM,” ujarnya.

Agussani juga berbagi kisah bahwa keberadaan FK UMSU melalui proses panjang. Dia mengatakan bahwa permasalahan FK UMSU di awal pendirian tidak terlepas dari tata kelola, kemudian dilakukan pembenahan-pembenahan.

“Alhamdulillah di tahun 2022, kita mendapatkan izin membuka program studi magister biomedis. Sekarang sedang proses membuka program studi spesialis KKLP (Kedokteran Keluarga Layanan Primer),” ujar Agussani.

Agussani berharap dengan adanya kolaborasi dan komitmen bersama, UMRI bisa mendirikan Fakultas Kedokteran dan membuka penerimaan mahasiswa di tahun 2023/2024.

“Semoga UMRI sebagai garda terdepan Muhammadiyah di Riau dan Kepulauan Riau. Sinergi yang baik semakin erat ditingkatkan, Insya Allah FK UMRI berhasil didirikan,” tutup Agussani. Pada kesempatan ini Wakil Rektor UMRI beserta jajaran berkesempatan mengunjungi Radio UMSU, Fakultas Kedokteran UMSU dan fasilitas lainnya.

Hadir pada kegiatan ini Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP beserta para wakil rektor, WR 1 UMRI Dr. Widarti Irma, S.Pd, M.SI, WR 2 UMRI Dr. H. Rasyad Zein, MM beserta jajaran, Dekan FK UMSU Dr. dr Siti Masliana Siregar, Sp. THT-KL beserta jajaran, Ketua program studi Pendidikan Dokter dr. DESI ISNAYANTI, M.Pd.Ked dan sekretaris prodi dr. Cut Mourisa, M.Biomed