Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

BIM UMSU Adakan Silaturahmi dan Sosialisasi AIK

BIM UMSU Adakan Silaturahmi dan Sosialisasi AIK

Badan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (BIM UMSU), gelar silaturahmi dan sosialisasi matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bersama Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kota Medan di Auditorium UMSU Jl. Muchtar Basri No. 3 Medan, Sabtu, (21/1).

Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menjadi ciri khas perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Oleh karena itu, UMSU komitmen menjalankan regulasi dari Muhammadiyah agar kurikulum AIK tidak sekadar rutinitas perguruan tinggi.

“Untuk mendukung komitmen diperlukan tatanan perguruan tinggi yang kuat, agar bisa berjalan sesuai dengan regulasi AIK yang dituangkan Muhammadiyah melalui Majelis Dikti Litbang,” ujar Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, M.AP.

Prof Agussani menjelaskan bahwa kurikulum AIK, dapat mendorong mahasiswa lebih taat dalam agama. Hal tersebut menjadi kesyukuran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

BIM UMSU telah menyiapkan program andalan yang telah diuji coba pada tahun 2022. Melalui program tersebut, mahasiswa dapat berkunjung ke cabang hingga ranting Muhammadiyah dan Aisiyah. Setiap cabang yang dikunjungi oleh BIM UMSU akan diberikan apresiasi.

“Saya berharap dengan adanya program ini, kualitas kurikulum AIK lebih meningkat dan berkualitas lagi. Sumatera Utara juga bisa menjadi garda terdepan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” ujar Agussani.

Sementara itu, Ketua BIM UMSU Dr. Nur Rahmah Amini, S.Ag., M.Ag melalui laporannya menyampaikan bahwa silaturahmi ini sebagai salah satu cara memperkuat kurikulum AIK. Sebab, AIK bukan sekadar ilmu teoritis tapi ilmu yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan dihadiri Rektor UMSU beserta jajaran, Pimpinan dan sekretaris daerah, cabang hingga ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kota Medan serta Pimpinan Program Studi se-UMSU.