Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Workshop Penulisan Soal Literasi dan Numerasi

Workshop Penulisan Soal Literasi dan Numerasi

Jakarta (18/1) — Guru MTsN 3 Jakarta Selatan mengikuti workshop penulisan soal literasi dan numerasi untuk mendukung persiapan implementasi pembelajaran kurikulum merdeka tahun 2023. Acara workshop ini dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 di Gedung PSBB MTsN 3 Jakarta.

Penulisan soal literasi dan numerasi bertujuan agar guru MTsN 3 Jakarta mampu untuk merancang soal-soal yang mengukur kemampuan membaca dan berhitung peserta didik. Soal yang dibuat merupakan bentuk adaptasi dari soal-soal PISA yang menekankan konteks personal, nasional hingga konteks global. Konteks tersebut berupa narasi yang berhubungan dekat dengan pengetahuan atau pengalaman nyata peserta didik.

Kepala madrasah, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd memberikan sambutan kepada seluruh guru MTsN 3 Jakarta agar fokus memperhatikan materi penulisan soal literasi dan numerasi yang disampaikan oleh narasumber. Dalam kegiatan ini, narasumber workshop penulisan soal literasi dan numerasi ialah guru biologi MAN IC Serpong, Ibu Persahini Sidik, M.Si. (akrab disapa Ibu Peni). Dalam paparannya, narasumber memberikan materi seputar bagaimana cara mengajarkan literasi dan numerasi saat pembelajaran. Selain itu narasumber memberikan contoh-contoh soal berbasis literasi numerasi dan contoh-contoh soal yang kurang sesuai dengan aturan penulisan soal tersebut.

Harapan terselenggaranya acara workshop ini, semoga semua guru MTsN 3 Jakarta dapat mengimplementasikan soal literasi dan numerasi pada setiap matapelajaran di kelas masing-masing, seiring dengan persiapan pembelajaran proyek untuk mendukung kurikulum merdeka tahun 2023.