Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

UNDIP Raih Prestasi Menurut Pemeringkatan AD Scientific Index

UNDIP Raih Prestasi Menurut Pemeringkatan AD Scientific Index

Dalam bidang pendidikan dan penelitian, Universitas Diponegoro (Undip) terus mendukung dosen dan civitas academica untuk terus berinovasi dan menciptakan ide bermanfaat bagi dunia pendidikan serta masyarakat luas. Pada tahun ini, Undip berhasil mendapatkan peringkat pada beberapa kategori berdasarkan AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index), di mana Undip berhasil meraih peringkat ke-2 pada kategori Public Universities in Indonesia Top 10.000 dan peringkat ke-2 pada kategori General Universities in Indonesia Top 10.000.

AD Scientific Index merupakan sistem pemeringkatan dan analisis evaluasi jurnal dan universitas, berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah dari ilmuwan. Analisis AD Scientific Index menggunakan nilai total dan 6 tahun terakhir dari  i10 index, H-index, dan skor kutipan dalam Google Scholar. Sedangkan untuk peringkat ilmuwan dinilai dari berbagai subjek antara lain Agriculture&Forestry, Arts, Design and Architecture, Business & Management, Economics & Econometrics, Education, Engineering & Technology, History, Philosophy, Theology, Law/Law and Legal Studies, Medical and Health Sciences, Natural Sciences, Social Sciences dan sebagainya.

Pada ranking AD Scientific Index, Undip termasuk dalam Indonesia University Rankings 2023. Kriteria penilaian yang pertama adalah jumlah ilmuwan dalam daftar 2% teratas. Yang kedua adalah jumlah ilmuwan dalam daftar 10% teratas, 20% teratas, 40% teratas, 60% teratas, dan daftar 80% teratas, serta ketiga adalah jumlah ilmuwan yang terdaftar dalam AD Scientific Index.

Selain itu, terdapat total 301 ilmuwan Undip yang terdaftar dalam index dan 274 ilmuwan di antaranya termasuk Top 10.000 Scientist di Indo. Prof. Drs. Imam Ghozali, M.Com., Akt., Ph.D., Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip meraih peringkat ke-5 pada kategori Indonesia Top 10 Productivity i10 Index dengan subjek Economics & Econometrics / Accounting & Finance.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama SH. M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas capaian tersebut.  Hasil pemeringkatan tersebut merupakan buah kerja keras dari seluruh jajaran civitas akademika Universitas Diponegoro yang telah berkontribusi melalui perannya masing-masing. Kami terus berbenah dan meningkatkan kualitas akademik serta kinerja penelitian dan nilai tambah dari produktivitas penelitian dari para peneliti Undip sebagai upaya mencapai visi Undip menjadi universitas riset yang unggul serta cita-cita Undip menuju universitas berkelas dunia (world class university),” kata Prof Yos Johan,

Undip sebagai salah satu PTNBH terbaik di Indonesia akan terus aktif mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Prestasi ini diharapkan dapat terus meningkat di tahun selanjutnya dan menambah semangat para dosen dan civitas academica dalam meningkatkan manfaat dari hilirisasi hasil-hasil penelitian bagi masyarakat dan bangsa Indonesia, lanjut Prof Yos.