Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Umsida Ini, Bawa Jatim Duduki Juara 1 di Ajang Kejurnas Bola Voli Junior 2022

Mahasiswa Umsida Ini, Bawa Jatim Duduki Juara 1 di Ajang Kejurnas Bola Voli Junior 2022

Umsida.ac.id-Farid Daffa’ Musthofa,Mahasiswa Progam Studi Manajemen, Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), berhasil meraih juara 1 pada kejuaraan voli junior tingkat Jawa Timur yang diadakan pada tanggal 17–23 Desember 2022. Mahasiswa Umsida berusia 19 tahun yang masih semester 1 ini dengan percaya diri mengalahkan tim voli dari Daerah Istimewa Yogyakarta di partai final.

Setelah meraih prestasi tersebut, Farid mengungkapkan bahwa dia merasa bersyukur dan bangga. Menurut Farid, kunci untuk berprestasi adalah rajin berlatih, semangat, tidak mudah putus asa, dan selalu rendah hati. Motivasi Farid untuk mengikuti kejuaraan tersebut adalah untuk mewakili Jawa Timur, setelah tahun sebelumnya tidak bisa ikut karena cedera.

Keberhasilannya ini juga tidak lepas dari peran orang tua. Berkat doa dan restu orang tuanya ia merasa selalu mendapat kemudahan dan kelancaran dalam berkompetisi.

“Peran orang tua terhadap prestasi saya sangat penting, karena setiap kali akan bertanding, saya meminta orang tua untuk mendoakan agar diberi kemudahan dan kemenangan. Setelah meraih capaian ini, saya berencana untuk terus meningkatkan kemampuannya dan ikut serta dalam kejuaraan di tingkat provinsi hingga nasional pada tahun 2023,” ujarnya saat ditanyai Jurnalis FBHIS.

Selain itu, Farid juga memiliki harapan yang besar bagi Umsida untuk selalu menghargai dan memperhatikan prestasi mahasiswa serta memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa terutama dalam olahraga voli. Sidoarjo sendiri merupakan salah satu kota dengan klub voli terbesar di Indonesia, yaitu Akademi Voli Indomaret yang memiliki banyak atlet muda berbakat. Farid berharap agar universitas dapat menjadikan atlet tersebut sebagai mahasiswa dan membentuk tim yang solid untuk memberikan prestasi, kebanggaan, serta mengharumkan nama Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di tingkat provinsi, nasional, dan bahkan internasional.

Tidak hanya itu, Farid juga menyebutkan bahwa keberhasilan meraih juara 1 pada kejuaraan voli junior tingkat Jawa Timur tidak lepas dari dukungan orang-orang di sekitarnya, terutama orang tuanya yang selalu memberikan dukungan dan doa. Farid berharap agar prestasi yang telah diraihnya ini dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berprestasi di bidang yang diminatinya masing-masing.

Selain meraih juara 1 pada kejuaraan voli junior tingkat Jawa Timur, Farid juga telah meraih prestasi lain dalam olahraga voli. Pada tahun sebelumnya, Farid berhasil meraih juara 3 pada kejuaraan voli tingkat nasional. Farid juga merupakan salah satu anggota tim voli universitas yang sudah berhasil meraih beberapa prestasi ditingkat provinsi.

Farid mengungkapkan bahwa keberhasilan meraih prestasi tersebut tidak hanya didapat dari hasil latihan yang keras, tetapi juga dari dukungan dari orang-orang di sekitarnya, terutama dari orang tuanya yang selalu memberikan dukungan dan doa. Farid juga menyebutkan bahwa prestasi yang telah diraihnya ini tidak lepas dari dukungan dan motivasi dari tim voli universitas serta dosen-dosen yang selalu memberikan dukungan dan arahan.

Selain sebagai atlet voli, Farid juga mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi di kampus. Farid menyebutkan bahwa dirinya selalu berusaha untuk menyeimbangkan antara kegiatan akademik, kegiatan olahraga, dan kegiatan organisasi agar dapat memberikan yang terbaik di setiap kegiatannya.

Ia menyatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada universitas atas dukungan yang telah diberikan kepadanya selama ini. Farid juga berharap agar Umsida dapat terus memberikan dukungan kepada mahasiswa-mahasiswa lainnya agar dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Pada akhir wawancara, Farid menyampaikan motivasi kepada teman-teman mahasiswa lainnya agar terus berusaha dan berprestasi di bidang yang diminatinya masing-masing. Farid juga menyarankan agar mahasiswa tidak pernah merasa puas dengan prestasi yang telah diraihnya, tetapi selalu berusaha untuk meningkatkan prestasi dan memberikan yang terbaik. Farid juga menyarankan agar mahasiswa selalu memperhatikan keseimbangan antara kegiatan akademik, kegiatan olahraga, dan kegiatan organisasi agar dapat memberikan yang terbaik di setiap kegiatannya.

Penulis: Muhammad Asrul Maulana

Editor: Rani Syahda Hanifa