Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Guru Besar Unpad Bertambah 11 Orang

Guru Besar Unpad Bertambah 11 Orang

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen kepada 11 Guru Besar Baru Unpad di Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (24/1/2023).

Surat Keputusan tersebut diserahkan kepada Prof. Dr. Med.Sc. Melisa Intan Berliana, S.Si., Apt., dari Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Dra. Hj. Ninis Agustini Damayanti, M.Lin., dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Prof. Dr. Nia Kurniati, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum, Prof. Dr. Ir. Sumanti Debby Moody, M.S., dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Prof. Dr. Ir. Danar Dono, M.Si., dari Fakultas Pertanian, dan Prof. Dr. Ir. Abun, M.P., dari Fakultas Peternakan.

Selanjutnya, Prof. Ida Widianingsih, S.I.P., M.A., PhD., dan Prof. Dr. Dra. R. Nunung Nurwati, M.S. dari FISIP, Prof. Dr. Ir. Rita Rostika, M.P., dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prof. Dr. Didin Muhafidin, S.I.P, M.Si., dari FISIP, dan Prof. Dr. drg. Irna Sufiawati, Sp.PM. dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan pentingnya peranan guru besar terhadap penguatan reputasi akademik Unpad. Guru besar merupakan seorang intelektual yang mampu mengembangkan otonomi keilmuannya. Upaya ini tidak dilakukan sendirian, melainkan bersama-sama.

“Pentingnya peranan guru besar di dalam penguatan reputasi akademik Unpad itu adalah tidak bisa ditawar lagi,” kata Rektor.

Tantangan yang dihadapi saat ini pun semakin kompleks. Berbagai perubahan pasca pandemi telah terjadi, termasuk perubahan sikap dan perilaku sivitas akademika.

Rektor berharap, Guru Besar dapat berperan dalam menghadapi situasi tersebut dengan menyatukan kekuatan tim secara kolektif, efisien, dan efektif.

“Kita masuk pada tantangan dan cara baru yang seharusnya para Guru Besar baru mampu menjadi lokomotif di depan,” kata Rektor.

Rektor juga berharap para Guru Besar bukan hanya meningkatkan produktivitas untuk diri sendiri, melainkan juga unit, departemen, fakultas, dan universitas menuju tataran dunia.

“Silakan mengisi bagian untuk mewujudkan Unpad top 500 dunia,” kata Rektor.

Prof. Melisa Intan Berliana diangkat sebagai Guru Besar bidang ilmu Biologi Farmasi, Prof. Ninis Agustini Damayanti pada bidang ilmu Komunikasi, Prof. Nia Kurniati pada bidang ilmu Hukum, Prof. Sumanti Debby Moody pada bidang ilmu Mikrobiologi Pangan, Prof. Danar Dono pada bidang ilmu Hama Tanaman, Prof. Abun pada bidang ilmu Nutrisi Unggas dan Teknologi Pakan, , dan Prof. Ida Widianingsih pada bidang ilmu Administrasi Pembangunan Internasional.

Selanjutnya, Prof. R. Nunung Nurwati pada  bidang ilmu Kesejahteraan Keluarga dan Anak, Prof. Rita Rostika pada  bidang ilmu Akuakultur, Prof. Didin Muhafidin pada bidang ilmu Kebijakan Publik, dan Prof. Irna Sufiawati pada bidang Ilmu Kedokteran Gigi Anak. (arm)*