Jumat, 27 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

Kadis Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur Goes to School

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur tengah getol menjalankan sebuah program yang bermaksud mempromosikan pariwisata dan kebudayaan di kabupaten Manggarai timur kepada dunia.

Dalam menjalankan program tersebut, sektor pendidikan dilihat sebagai mitra paling strategis. Karenanya, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur menjalin kerjasama dengan pihak sekolah. Salah satu sekolah yang dipilih untuk bekerjasama adalah SMAN 3 Borong.

Dengan terpilihnya SMAN 3 Borong sebagai salah satu mitra utama, Bapak Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Rofinus Hibur Hijau, M.Pd bersama Bapak Sekretaris Fransiskus Bukardi, SS dan Juga Kabid Kebudayaan, Agus Harum, S.Pd, mendatangi SMAN 3 Borong untuk mengikat kerjasama secara resmi melalui penandatanganan MoU bersama pihak sekolah.

Adapun poin utama dalam penandatanganan MoU tersebut adalah untuk melibatkan Sanggar seni Par Leso dalam setiap event promosi wisata dan kebudayaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur kedepannya.

Dalam sambutannya, selain memaparkan program unggulan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur dan mengapresiasi sanggar seni Par Leso, Pria yang akrab disapa Rofin itu, mengapresiasi website SMAN 3 Borong yang tidak hanya diberdayakan untuk menampilkan tulisan para guru akan tetapi tulisan para siswa juga ikut ditampilkan.

Bapak Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Rofinus Hibur Hijau, S.Pd saat memberikan sambutan

Menurutnya, website yang dimiliki SMAN 3 Borong juga bisa diberdayakan sebagai media promosi pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur.

Sementara itu, Bapak Sekretaris dalam hal ini Fransiskus Bukardi,SS mengaku kagum dengan pesona yang dimiliki SMAN 3 Borong. Baginya SMAN 3 Borong dinilai sangat potensial dan memiliki pesona yang seksi dari segi sumber daya dan bahkan bisa menjadi role model bagi sekolah lain.

Bapak Sekretaris, Fransiskus Bukardi,SS saat memaparkan materi

Menurutnya, SMAN 3 Borong memiliki banyak hal untuk diberdayakan. Tidak hanya memiliki segudang guru-guru hebat dan siswa-siswi berketerampilan tinggi, lahan pangan yang dimiliki sekolah tersebut dianggap punya daya tarik yang tidak kalah seksi.

Tidak hanya Bapak Sekretaris, Kabid Kebudayaan dalam hal ini Bapak Agus Harum, S.Pd, dalam sambutannya juga mengapresiasi lahan SMAN 3 Borong yang ditanami berbagai pangan lokal seperti jagung dan tanaman singkong.

Kabid Kebudayaan, Agus Harum, S.Pd saat memberikan sambutan

Baginya, pangan lokal tersebut bisa diolah sedemikian rupa menjadi makanan, sehingga mendukung pengadaan program festival kuliner berbahan pangan lokal yang merupakan salah satu program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur.

Setelah usai memaparkan program, pihak sekolah selanjutnya menyerahkan 3 lukisan indah karya tangan komunitas seni lukis SMAN 3 Borong ke Bapak Kadis. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan ramah tamah bersama para guru sambil menikmati jagung rebus dibawah Pohon Pancasila.

Pendatangan MoU