Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) BAGI DOSEN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) BAGI DOSEN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Humas UNJ, Jakarta-Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) melalui Koordinator Pusat Pembelajaran dan Layanan Disabilitas (PPLD) menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan pembukaan PEKERTI dilaksanakan di Gedung Ki Hajar Dewantara lantai 8, Kampus A UNJ pada Selasa 24 Januari 2023.

Hadir dalam pembukaan acara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Suyono, M.Si, Ketua LP3M Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si, Dekan FT Dr. Uswatun Hasanah, M.Si, Wakil Dekan II FIK Dr. Taufik Rihatno, Para Koordinator Pusat LP3M UNJ, juga narasumber dalam pelatihan PEKERTI, Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd.

Prof. Muhammad Zid, melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti 50 orang dosen CPNS UNJ yang bertujuan menyiapkan dosen profesional dan sebagai salah satu syarat sertifikasi dosen adalah sertifikat PEKERTI. Menjadi dosen itu harus panggilan jiwa dan sepenuh hati, sesuai Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa dosen dinyatakan sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tupoksinya melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

“Jangan sia-siakan kesempatan ini dan ikuti pelatihan dengan sepenuh jiwa, kita bangun UNJ agar menjadi universitas yang bereputasi”, pesan Prof. Zid dalam sambutannya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ, Prof. Suyono menyampaikan bahwa peserta pelatihan akan menjadi generasi penerus UNJ yang harus dipersiapkan sebaik-baiknya, dan harus berperan dalam mendukung UNJ menjadi world class university. Bagi dosen yang masih S2 harus bisa studi lanjut ke luar negeri dengan memanfaatkan beasiswa LPDP, dosen yang sudah S3 harus mempunyai target menjadi Guru Besar, dan dosen harus memperbanyak artikel penelitian. Menurut Prof. Suyono, UNJ berencana membagikan Beasiswa Microcredential bagi dosen untuk mengembangkan pembelajaran Online sehingga mata kuliah dosen tersebut bisa dipelajari oleh mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

PEKERTI akan dilaksanakan selama enam hari kerja, 24 s.d 31 Januari 2023. Peserta PEKERTI adalah para CPNS UNJ Angkatan 2021 sejumlah 50 dosen yang berasal dari berbagai fakultas yaitu FIP 8 orang, FMIPA 4 orang, FBS 9 orang, FIS 3 orang, FT 5 orang, FIK 6 orang, FE 8 orang, dan FPPsi 7 orang.

Peserta diberi pelatihan oleh 17 instruktur/dosen senior UNJ, materi yang akan diberikan kepada peserta PEKERTI adalah:

  1. Landasan Pendidikan
  2. Regulasi Pendidikan Tinggi
  3. Perkembangan dan Pembelajaran Orang Dewasa
  4. Teori Belajar dan Pembelajaran
  5. Teori Motivasi dan Implementasinya Dalam Pembelajaran
  6. Pengembangan Kurikulum Program Studi
  7. Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
  8. Desain Instruksional
  9. Taksonomi Tujuan Pembelajaran
  10. Komunikasi dalam Pembelajaran
  11. Metode-Metode Mengajar
  12. Model-Model Pembelajaran Aktif-Inovatif di Perguruan Tinggi
  13. Media Pembelajaran
  14. Pengembangan Bahan Ajar
  15. Pembelajaran Online
  16. Penilaian/Evaluasi Pembelajaran
  17. Praktik Keterampilan Dasar Mengajar

Kontributor: Pusat PPLD, LP3M-UNJ