Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UMSU-Pemkot Pematang Siantar Tandatangani MoU dan Gelar Kuliah Umum

UMSU-Pemkot Pematang Siantar Tandatangani MoU dan Gelar Kuliah Umum

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Agussani, MAP dan Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, SpA tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penandatanganan dilakukan di Auditorium UMSU Jalan Mucktar Basri No. 3 Kota Medan, Selasa (24/1). Disaksikan jajaran Wakil Rektor, para Dekan, Dosen dan mahasiswa FISIP UMSU

Rektor UMSU Prof. Agussani dalam kesempatan ini menyampaikan proses pendidikan tidak bisa dilakukan tanpa berjejaring dengan pemerintahan dan industri. Oleh karena itu, UMSU terbuka menjalin kerjasama dan membangung hubungan untuk masa mendatang.

“Terima kasih Bu Wali, ini adalah suatu terobosan yang mudah-mudahan kerjasama ini berjalan dengan baik karena UMSU juga sudah bekerjasama dengan pemerintah provinisi Sumatera Utara,” ujar Agusaani.

Harapan yang sama juga disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti, dikesempatan ini dia juga memberikan kuliah umum terkait ‘Peran Politik Perempuan’.

Pada kuliah umum tersebut, dr. Susanti menyampaikan kepada mahasiswa FISIP UMSU yang turut berhadir. Menurutnya, situasi politik saat ini membutuhkan peranan penting milennial khususnya perempuan dalam mengkritisi untuk menjaga kondusifitas daerah di masa depan.

Terlebih partisipasi perempuan dianggap masih kurang dalam politik, padahal sudah ada kebijakan kuota 30 persen namun belum terpenuhi.

“Di tahun 2025 akan terjadi bonus demografi, artinya kaum mudah lebih banyak. Milennial lah yang diharapkan untuk mewujudkan indonesia tangguh di masa depan,” ujarnya.

Dia juga berharap kehadirannya di UMSU dapat menginspirasi mahasiswa FISIP UMSU mengambil peran di bidang politik.