Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Berita FHK Sebagai Wadah Mahasiswa Berpikir Kritis

Berita FHK Sebagai Wadah Mahasiswa Berpikir Kritis

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi (BEMFHK) memperkenalkan sebuah program kerja bertajuk “Berita FHK” . yang mengolah isu dan permasalahan yang terjadi dalam lingkup nasional maupun internasional. Adanya “Berita FHK” diharapkan dapat mendorong pemikiran kritis dan kepedulian para mahasiswa dalam menanggapi isu yang terjadi. 

Sejak bulan November 2021 hingga Oktober 2022, Berita FHK rutin memuat tulisan kajian terhadap isu yang sedang terjadi. Dalam setiap pembuatan Berita FHK, BEMFHK membagi anggota satgas dalam beberapa kelompok kecil yang berjumlah 24 anggota dan 12 kelompok satgas. 

Pembahasan isu pada Berita FHK sangat beragam, contohnya mengenai isu sosial, politik, kemanusiaan, dsb. Proses pelaksanaan Berita FHK dilakukan secara daring maupun luring, dimana para satgas melakukan diskusi dan pemilihan topik isu secara daring menggunakan Google Meet maupun luring di Ruang Ormawa FHK.  Setelah itu, para satgas akan menuliskan hasil diskusi dan kajian terhadap isu yang terjadi dalam bentuk narasi. Adapun narasi yang dibuat oleh tim satgas akan menjadi pedoman garis besar pembahasan dan kemudian membuat produk desain feed menggunakan Canva dan VN bila berupa video/reels. Apabila hasil produk tersebut telah selesai, maka akan dipublikasikan di akun Instagram @bemfhkunika. Adanya Berita FHK diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan pemikiran kritis bagi para mahasiswa yang berperan dalam mengkaji isu dan para pembaca setia Berita FHK. [BEMFHK/Timothea Sharleen Sumaatmadja]