Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Kendaraan Antar Jemput dari UNJA Telanai ke Mendalo Mulai Beroperasi, Ini Jadwalnya

Kendaraan Antar Jemput dari UNJA Telanai ke Mendalo Mulai Beroperasi, Ini Jadwalnya

Mendalo,- Universitas Jambi (UNJA) menyediakan layanan antar-jemput menggunakan minibus khusus untuk dosen dan karyawan di lingkungan UNJA, minibus tersebut mulai beroperasi pada 25 Januari 2023.

Kegiatan antar jemput karyawan dan dosen Universitas Jambi dari Kampus UNJA Telanaipura menuju Kampus UNJA Mendalo pulang-pergi (PP) yang dilaksanakan setiap pagi dan sore sesuai dengan jam kerja kantor. Kendaraan yang digunakan merupakan 1 unit Toyota Hi-Ace.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan mengatakan kendaraan antar jemput akan beroperasi setiap harinya hal inipun sudah diinformasikan melalui surat nomor 69/UN21/RT.04/2023 tentang informasi kendaraan antar jemput karyawan dan dosen kepada unit dan fakultas yang ada di UNJA.

“Kendaraan ini beroperasi setiap hari kerja, pada Senin – Kamis untuk jadwal pergi pukul 07.30 – 7.45 dan untuk pulang pukul 16.00 – 16.30, serta khusus hari Jumat pulang pukul 16.30 – 17.00,” ujar Dr. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D.

Fadli Iman Saputra, S.Kom., M.Kom., menjelaskan beberapa tujuan dari layanan gratis antar-jemput untuk dosen dan karyawan UNJA.

“Tidak ada syarat khususnya, yang jelas kita kenal sama dosen dan karyawannya. Ini layanan gratis dengan berbagai tujuan. Pertama, kepada para dosen dan karyawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Kedua, diperuntukkan kepada dosen dan karyawan yang tidak bisa mengendarai kendaraan. Ketiga, untuk mengurai kemacetan yang ada dengan harapan akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dosen dan karyawan. Serta yang keempat memfungsikan unit kendaraan yang memang tersedia di UNJA,” Ujar Fadli.

Jika antusiasme dosen dan karyawan meningkat, Fadli mengatakan akan menambah jumlah unit yang tersedia. Selanjutnya, jika memang banyak mahasiswa UNJA merasa membutuhkan, maka akan dikoordinasikan dengan Badan Pengelola Usaha (BPU) UNJA untuk menambah unit kendaraan khusus mahasiswa.

Supriyadi, salah satu tendik di bagian Biro Akademik dan Kemahasiswaa Universitas Jambi mengatakan rasa syukurnya karena adanya kendaraan antar jemput ini.

“Saya bersyukur karena bus ini sudah beroperasi mulai hari ini, selain itu juga bisa menghemat bensin kemudian dapat mengurangi kemacetan dan sepertinya lebih aman juga,” terang Supriyadi.

Rts, Nurima, pegawai pada Bagian Kepegawaian Universitas Jambi mengatakan manfaat yang dirasakannya dengan diadakannya kendaraan antar jemput ini.

“Banyak manfaatnya terutama untuk saya yang tidak bisa mengendarai kendaraan dan hemat ongkos, biasanya saya dengan teman tapi juga sering pakai transportasi online dan biaya dari rumah ke UNJA mendalo itu 25 ribu jadi lumayan menghemat ongkos,” tutur Rts. Nurima.

Selain itu, ia juga mengatakan rata-rata penumpang minibus UNJA tidak bisa mengendarai kendaraan jadi dengan adanya kendaraan antar jemput ini sangat bermanfaat baginya.

“Sampai kantor juga tepat waktu, mobil jalan jam 07.30 tepat karena jalanan masih sepi mahasiswa belum kuliah aktif sampai kantor tadi saya jam 07.55 dan ini sangat bermanfaat sekali,” pungkas Rts. Nurima.

Silvia Yuliansari Asril / Dimas Anugrah AdiyadmoHUMAS