Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FHK Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Humanisasi

Mahasiswa FHK Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Humanisasi

Sudah dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 dan sepanjang waktu itu Indonesia semakin membaik membenah diri dengan dibuktikan turunnya level PPKM. Meski begitu, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Maka dari itu, Humanisasi 2022 diadakan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Humanisasi ini diadakan sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Humanisasi diadakan pada 1 -3 Desember 2022 yang diikuti oleh 64 anggota panitia, 374 peserta dari angkatan 2018 sampai 2022, serta dosen selaku pembina. Kegiatan Humanisasi tahun ini berlangsung di Dusun Gantang berada di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Selama tiga hari, mahasiswa dilatih untuk mengenak masyarakat secara langsung sebelum menghadapi KKN atau Kuliah Kerja Nyata yang akan dilaksanakan pada semester 7.

Kegiatan Humanisasi ini diawali dengan doa pembukaan dan menyanyikan lagu Hymne Unika Soegijapranata dan Mars FHK. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Acara Humanisasi, Emmanuel Darryl Girvan dan sambutan dari Wakil Dekan FHKi, Bapak Dr. Y. Budi Sarwo, S.H., M. Hum.

Keberangkatan dimulai pada pukul 08.30 WIB dari Lapangan Albertus dengan interval waktu 10 menit per 5 truk untuk menghindari kepadatan lalu lintas dan truk pertama tiba di Desa Gantang pukul 10.30 WIB. Setelah itu semua peserta dikumpulkan di Kapel Gereja Fransiskus Xaverius untuk dimulainya acara pembukaan disana yang dihadiri oleh Kepala Desa Gantang, Bapak Cardinal, Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi, Ibu Dr. Marcella Elwina S, S.H., CN., M. Hum bersama Ketua Lingkungan Desa Gantang Bapak Fx Suryanto. Acara dilanjutkan dengan penyerahan peserta dari kampus ke desa dengan perwakilan 2 peserta secara simbolis dan dilanjutkan dengan keberangkatan menuju rumah masing – masing. Acara kedua diawali dengan aktivitas peserta bersama keluarga, berjalan di Jalan Salib dilanjut Malam Keakraban serta penampilan dari OMK Gereja Fransiskus Xaverius sebagai pembuka acara dan penampilan dari masing – masing kelompok.

Kegiatan Humanisasi ini diakhiri dengan acara penutupan di Kapel Gereja Fransiskus Xaverius dengan sambutan dari Ketua Lingkungan Desa Gantang Bapak Fx Suryanto di lanjut dengan sambutan dari Wakil Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi, Ibu Rotumiar Pasaribu, S.S., M.Ikom. Sebagai tanda diakhirinya Humanisasi 2022 dilakukan dengan pengembalian peserta yang diwakili oleh 2 peserta. Adanya Humanisasi ini, diharapkan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi bagi para peserta. [FHK/Angeline, Jong]