Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

PENARIKAN MAHASISWA PPL PPG PRAJAB FKIP UMS

 

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan, baik dari kependidikan maupun non-kependidikan. Program ini juga berlaku bagi calon guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Beberapa manfaat dari PPG Prajab adalah mendaptkan sertifikat pendidik, mendapat gelar tambahan yaitu S.Pd. Gr (guru professional), mendapat subsidi penuh 100% dalam menempuh studinya serta peluang menjadi guru PNS lebih besar. Salah satu program PPG prajabatan adalah PPL. Tujuan dari PPL itu adalah melatih calon guru agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya.

Rabu, 25 Januari 2023, di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta terselenggara acara penarikan 10 mahasiswa PPL dari program PPG Prajab gelombang 1 FKIP UMS. Dalam sambutannya Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd mengatakan “sangat berterimakasih pada pimpinan FKIP UMS yang memberikan kesempatan bermitra menjadi sekolah tempat terselenggaranya PPL PPG Prajab gelombang 1, memohon maaf bila ada kekurangan dari kelurga besar SMA Muhammadiyah 1 Surakarta selama mahasiswa melaksanakan PPL di sekolah”. “Dalam kesempatan itu beliau juga memuji mahasiswa PPL PPG Prajab tertib dan disiplin dalam mengikuti semua program sekolah”, imbuhnya.

Sebagai perwakilan dosen pembimbing lapangan PPL PPG Prajab bapak Eko Prasetyo, M.Pd berkenan menerima kembali 10 mahasiswa PPL PPG Prajabnya dengan mengucap puji syukur dan berterimakasih pada Kepala sekolah dan keluarga besar SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta. Dalam kesempatan ini beliau juga berpesan pada mahasiswa PPL PPG Prajabatan agar terus fokus mengikuti rangkaian program PPG Prajabatan selanjutnya sampai lulus. Beliau menambahkan bahwa beliau menjadi saksi kedisiplinan dan keteraturan mengikuti semua program di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta selama melaksanakan PPL PPG Prajabatan Gelombang 1. Semoga terus terjalin kerjasama saling menguntungkan antara SMA Muh 1 Surakarta dengan FKIP UMS.