Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UMJ Resmikan Lembaga Survei Leader of Indonesia

UMJ Resmikan Lembaga Survei Leader of Indonesia

Universitas Muhammadiyah Jakarta resmikan lembaga survei Leader of Indonesia, Rabu (25/01). Peresmian disertai dengan diskusi ilmiah yang mengusung tema “Demokrasi Casing: Kulitnya Demokrasi, Isinya Oligarki,” di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMJ.

Hadir sebagai Keynote Speaker Prof.Dr. Din Syamsuddin (Cendekiawan Muslim dan Ketua Umum PP Muhammadiyah 2005-2015). Sementara itu hadir pula narasumber terdiri dari Dr. Mulyadi, M.Si (pakar politik UI), dari unsur politisi hadir para elite partai politik, Arsul Sani (waketum DPP PPP), Eddy Soeparno (Sekjen DPP PAN), Hasto Kristiyanto (Sekjen DPP PDIP), Willy Aditya (Ketua DPP Partai Nasdem).

Usman Abdhali Watik, Direktur Eksekutif Leader of Indonesia mengatakan bahwa salah satu yang mendorong berdirinya LI adalah masyarakat Indonesia yang kerap kali memvalidasi opini yang cenderung bersifat populer atau viral. “Maka dalam rangka merawat dan memperkuat demokrasi, UMJ turut serta ingin berkontribusi pada negeri ini agar demokrasi kita semakin sehat. Mudah-mudahan dengan kehadiran lembaga survei Leader of Indonesia ini turut berkontribusi untuk memperkuat, mematangkan partai politik dan demokrasi seutuhnya,” ungkap Usman.

Civitas akademika UMJ bersama narasumber Diskusi Ilmiah dalam Grand Launching Lembaga Survei Leader of Indonesia, di Aula FEB UMJ, Rabu (25/01)

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., menjelaskan bahwa independensi lembaga survey menjadi persoalan tersendiri sebab tidak jarang keberadaan lembaga survey untuk melegitimasi pihak yang membiayai survey. Namun begitu, Ma’mun menegaskan bahwa alasan utama yang mendorong UMJ mendirikan LI adalah jaringan PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) yang cukup luas dengan 171 perguruan tinggi. Selain itu perguruan tinggi juga dituntut untuk melakukan aksi-aksi kemasyarakatan yang berkaitan dengan politik. Melalui LI, perguruan tinggi dapat bekerjasama dan bergabung untuk melakukan riset nasional.

Rektor UMJ kemudian meresmikan Leader of Indonesia dengan disaksikan oleh Anggota Badan Pembina Harian UMJ Prof. Dr. Din Syamsuddin, Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Pakar Politik UI Dr. Mulyadi, M.Si., Waketum DPP PPP Arsul Sani, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, dan seluruh sivitas akademika UMJ yang hadir.

Leader of Indonesia merupakan lembaga survey di bawah naungan UMJ yang membuka layanan survey bidang politik, kebijakan publik, serta ekonomi dan bisnis. Visi LI adalah untuk menjadi lembaga survey rujukan masyarakat Indonesia. (DN/KSU)