Jumat, 27 Januari 2023
Sekolah Menengah Kejuruan

Merelakan yang lalu, menerima yang baru

24 Januari 2023

Oleh : Hasni Hanifah

 

Pagi ini untuk pertama kali dalam hidup saya setelah kurang lebih 3 tahun bekerja, saya harus berlapang dada untuk menerima realita bahwa saya sudah tidak menerima gaji di tanggal 25, satu hari yang biasa saya habiskan untuk memikirkan “apa yang akan saya lakukan setelah menerima gaji ya?” Sudah tidak bisa saya lakukan, tanggal 25 mulai saya lalui seperti hari biasa.

 

Di usia saya yang ke-25 saya sadar bahwa hidup tidak hanya mengejar materi, namun juga tentang bagaimana hidup memberi makna. Memutuskan untuk keluar dari instansi BUMN yang mungkin banyak orang cita-citakan, mencoba mengurangi semua hal tentang duniawi dan mencari jawaban atas pertanyaan dalam hati “apa yg sudah saya lakukan selama ini?”

 

Saya jadi teringat beberapa tahun kebelakang tentang alasan saya mengambil kuliah pendidikan dan menjadikan saya sebagai seorang sarjana. Sepertinya angka 25 menjadi angka yang membawa perubahan bagi hidup saya.

 

Kembali menjadi seorang mahasiswa dan belajar menimba ilmu menjadi seorang guru, belajar bersikap dan berbicara santun di kota yang terkenal dengan nama “kota pelajar” menjadi hal yang berkesan dan menyenangkan untuk saya saat ini.

 

Mengenali, mempelajari, dan memahami budaya, kebiasaan, lingkungan sekolah adalah hal baru untuk saya. Dan semoga keputusan yang saya ambil tidak salah, kebaradaan saya membawa hal baik untuk orang-orang di sekitar saya, bertemu dan mengenal orang baru menambah pengalaman dan ilmu yang bisa saya dapatkan dari PPL kali ini.

 

Jogja, 26 Januari 2023
Salam hangat,
-H-