Sabtu, 04 Februari 2023
Sekolah Menengah Atas

293 PESERTA DIDIK MAN 1 GRESIK IKUTI SOSIALISASI KESEHATAN DAN JALANI SCREENING

293 PESERTA DIDIK MAN 1 GRESIK IKUTI SOSIALISASI KESEHATAN DAN JALANI SCREENING

293 PESERTA DIDIK MAN 1 GRESIK IKUTI SOSIALISASI KESEHATAN DAN JALANI SCREENING

Sebagai bentuk kepedulian madrasah pada peserta didiknya, MAN 1 Gresik selenggarakan screening rutin kepada peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 januari 2023 pada pukul 09.00—10.00 WIB. Kegiatan rutin ini terselenggara berkat kerja sama UKS MAN 1 Gresik dan Puskesmas Bungah. Total terdapat 293 siswa yang menjalani screening yang dipusatkan di Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik tersebut.

Pengecekan HB dilaksanakan guna mengontrol kesehatan peserta didik MAN 1 Gresik terutama yang masih duduk di kelas X. kegiatan pengecekan HB tersebut juga melibatkan peserta didik MAN 1 Gresik yang tergabung dalam Kader Kesehatan remaja (KKR). Berdasarkan pantauan Tim Web MAN 1 Gresik, terdapat lebih kurang 20 anggota KKR terlibat dalam screening kelas peserta didik kelas X.

Atas hasil screening yang dilakukan oleh pihak Puskesmas, maka akan dilakukan beberapa tindakan. Tindakan tersebut diantaranya
a. Apabila HB 6 kebawah dirujuk ke rumah sakit
b. Apabila HB 11 kebawah (11-7) diberi tablet tambah darah dg aturan minum 2×1 selama satu bulan
c. Apabila HB 12-11 diberi tablet tambah darah dengan aturan minum seminggu sekali selama satu bulan

Tidak hanya screening pada seluruh peserta didik MAN 1 Gresik, Petugas dari Puskesmas juga melakukan penyuluhan kesehatan tentang Napza. Melalui kegiatan penyuluhan Napza, diharapakan peserta didik MAN 1 Gresik mengetahui bahaya dalam penyalahgunaan Napza. Sehingga peserta didik MAN 1 Gresik mampu melakukan tindakan preventif atas dampak negatif dari penyalahgunaan Napza.