Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Cerita Dua Mahasiswa FIKES di Malaysia : Belajar Menghadapi Pasien

Cerita Dua Mahasiswa FIKES di Malaysia : Belajar Menghadapi Pasien
Perkuliahan Hasnik dan Khodijah di Malaysia
Perkuliahan Hasnik dan Khodijah di Malaysia

Oktober 2022 lalu, dua mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Brawijaya berkesempatan mengikuti program International Credit Transfer. Selama satu semester, Hasnikmatullah Suprabekty dan Khodijah Salahuddin berkesempatan mengikuti perkuliahan di International Islamic University Malaysia (IIUM) sampai pertengahan Februari mendatang.

Berada di kampus luar negeri memberikan pengalaman baru bagi Hasnik dan Khodijah. “Kegiatan student exchange ini sangat menyenangkan dan insightful, karena saya mampu beradaptasi dan mendapat banyak rekan baru, beserta dengan dosen-dosen hebat di IIUM Malaysia” ujar Khodijah.

Adaptasi yang dilakukan oleh keduanya berjalan dengan baik. “Awalnya sih, kami perlu adaptasi karena ini pertama kalinya merasakan kuliah di luar negeri. Tapi sekarang kami bisa mengikuti dengan baik sistem perkuliahannya yang terstruktur, maupun cara dosen memberikan materi pada mahasiswanya”, imbuh Hasnik.

Selain perkuliahan, dua mahasiswa Departemen Keperawatan ini juga mengikut berbagai kegiatan lain seperti studi di Rumah Sakit IIUM dan berkesempatan melakukan beberapa praktikum. “Hasilnya berupa nursing care plan, patient management, diagnostic investigation, yang pada akhirnya dipresentasikan kepada dosen yang bertanggungjawab. Dengan hal tersebut, kami jadi tahu keadaan real life pasien seperti apa, dan mampu menghadapi pasien secara langsung dengan suasana rumah sakit umum di Malaysia” jutur Khodijah

Dikarenakan lingkungan Malaysia yang cenderung tidak jauh berbeda dengan Indonesia, Hasnik dan Khodijah dapat beradaptasi dengan baik mengenai cuaca disana. “Saya harap setelah kembali dari kegiatan Student Exchange ini, saya mampu berbagi pengalaman dan memotivasi rekan-rekan di sekitar saya untuk berani mengambil tantangan dan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar selama masih menjadi mahasiswa” pungkas Hasnik.