Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

“Ngangsuh Kaweruh” Perpustakaan STAI Al Fitrah Surabaya di Perpustakaan Umsida

“Ngangsuh Kaweruh” Perpustakaan STAI Al Fitrah Surabaya di Perpustakaan Umsida

Umsida.ac.id-Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menerima kunjungan Kepala Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fitrah Surabaya, (12/01/2023). Ibu Farida beserta Pustakawan STAI Al Fitrah disambbut oleh Kepala Perpustakaan Umsida Ibu Ainur Rochmaniah di ruang rapat lantai 3 Perpustakaan Kampus.

Sebelumnya mereka diajak berkeliling perpustakaan, dari lantai 1 sampai lantai 3, dan menerangkan fungsi masing-masing ruangan. Ibu Farida menjelaskan maksud kedatangannya untuk ngangsuh kaweruh (menimba ilmu) tentang perpustakaan, tata kelola perpustakaan, dan pengembangan sumber daya manusianya yaitu pustakawan.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Ainur didampingi 3 pustakawan, Irta Fiddinia, Suryo Gigih Prasetyo dan Dewi Rositasari. Beliau menjelaskan pengelolaan Perpustakaan Umsida berbasis borang akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi, sehingga tertata dan punya tujuan dan target yang jelas.

Setiap tahun, perpustakaan dan unit kerja di lingkungan Umsida wajib mengajukan Rancangan Kegiatan dan Anggaran (RKA) untuk program kerja setahun ke depan. Semua kegiatan pengelolaan dan pengembangan perpustakaan mendapat dukungan penuh dari Pimpinan Umsida mulai dari pendanaan sampai pengembangan kompetensi pustakawan.

Juga adanya koordinasi yang baik antar unit kerja di Umsida, seperti Direktorat Sistem Teknologi Informasi (DSTI), Direktorat Pengembangan dan Aset Lingkungan(DPAL), Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia (DPSDM), dan Direktorat Keuangan (DK). Dengan tata kelola tersebut, Perpustakaan Umsida dapat mempertahankan akreditasi A tahun 2020, dan 2021, semua Pustakawan Umsida telah mendapatkan sertifikasi kompetensi Pustakawan dari Perpusnas.

Pada sesi sharing, Ibu Ainur juga memberikan motivasi, trik dan strategi dalam memenuhi borang akreditasi perpustakaan dengan memaparkan pengalaman dalam mendampingi akreditasi perpustakaan perguruan tinggi lain, hingga mendapatkan nilai akreditasi sesuai harapan.

Di akhir kunjungan, Ibu Farida sangat berterima kasih dan bersyukur bisa datang berkunjung sehingga memahami teknik mengelola perpustakaan dengan baik.

“Rasanya kami semakin kecil saja, tidak ada apa-apanya dibandingkan Perpustakaan Umsida. Tapi kami akan terus belajar dan bila diijinkan, kami akan sering kemari untuk berdiskusi lebih lanjut.” tandasnya.

Ainur Rochmaniah

Editor: Rani Syahda Hanifa