Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

FKH Lantik 112 Dokter Hewan Baru

FKH Lantik 112 Dokter Hewan Baru
Prosesi Pengambilan Sumpah Dokter Hewan Baru FKH UB
Prosesi Pengambilan Sumpah Dokter Hewan Baru FKH UB

Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Hewan Periode 16. Dalam prosesi ini, sebanyak 112 Dokter Hewan baru dilantik secara luring dan daring pada Kamis (26/01/2023) di Gedung Samantha Krida.

Hadir mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Aulanni’am, drh. DES menyebut bahwa dokter hewan bukan hanya sekedar terampil dalam hal klinis, tapi juga bertanggungjawab dalam peran di bidang krusial. “Seperti mewujudkan kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui penjaminan mutu bahan pangan dan produk asal hewan, penanggulangan penyakit menular zoonotik dan non zoonotic seta berkontribusi dalam terciptanya kesejahteraan hewan”, ujarnya.

“Dokter hewan tidak hanya menangani satu spesies, namun semua hewan yang memiliki keterkaitan dengan manusia, seperti hewan ternak, hewan kesayangan, hewan yang dipelihara sebagai hobi, dan juga satwa liar maupun satwa akuatik. Maka pada kesempatan ini saya mengharapkan kinerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki serta mempunyai integritas yang tinggi dalam mengabdi bagi kepentingan bangsa dan Negara”, pungkas peneliti yang pernah menjabat sebagai Dekan FKH ini.

Kepada dokter hewan baru dan orang tua, Dekan FKH UB, drh. Dyah Ayu Oktavianie A.P., M.Biotech  berharap Integer Aviatrix yang menjadi tema dapat menjadi prinsip hidup para peserta pelantikan.

“Dokter hewan baru diharapkan dapat menjadi problem solver persoalan global dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera melalui kesehatan hewan sesuai dengan semboyan kita “Manusya mriga satwa sewaka”. Lulusan-lulusan Dokter Hewan Universitas Brawijaya juga diharapkan mampu berkolaborasi dengan tenaga kesehatan di bidang lainnya guna mencegah pandemi-pandemi yang mungkin terjadi di masa mendatang”, ujarnya.

Perwakilan Alumni FKH UB, drh. Yulinar Risky Karaman M. Biomed menyampaikan

Prof. Dr. Aulanni’am, drh. DES saat memberi sambutan
Prof. Dr. Aulanni’am, drh. DES saat memberi sambutan

harapannya sebagai alumni FKHUB untuk bisa bersama-sama menjaga nama baik almamater. “Dimanapun kita berkarya, karena bagaimanapun, cerminan dari kampus adalah perilaku etika dan etos kerja yang kita tunjukkan ditempat kita berkarya”, tuturnya.

Prosesi pelantikan ini juga dihadiri oleh Ketua PDHI Jatim 2 yang diwakilkan oleh Sekretaris PDHI Jatim 2, drh. Dodik Prasetyo M.Vet. yang juga membacakan Intisari Kode Etik Dokter Hewan serta Dr. drh. Munawaroh, MM. selaku Ketua PB PDHI, yang memberikan Pembekalan untuk Dokter Hewan Baru. Tercatat hingga saat ini, FKH UB telah berkontribusi menghasilkan 1.114 dokter hewan di seluruh Indonesia. (VQ)