Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Penanaman Karakter, “Indahnya Berbagi” Siswa SM Muhi

Sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi sesama. Hadits ini mengajarkan kepada kita tentang perbuatan yang sangat mulia. Betapa kita sebagai manusia tidak seharusnya hidup untuk diri sendiri. Memantaskan diri hingga menganggap rendah orang lain. Meningkatkan kualitas diri, hingga mengabaikan kebermanfaatan bagi sesama.

Hidup itu bersama, berkelompok dan bermasyarakat. Kelebihan yang kita miliki sesungguhnya adalah berkat orang lain. Maka tak pantas jika kita menyombongkan diri sendiri, padahal sesungguhnya kesuksesan kita itu hanyalah amanah sementara. Titipan Allah yang disemayatkan pada diri, yang harus dipertanggungjawabakan dan dibagi untuk rekan sesama.

Agama telah mengajarkan, bahwa hidup itu harus berbagi, saling menolong dan mengasihi. Sebagai mana firman-Nya, “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. Al Maidah: 2)

Sebagai sekolah yang berbasis Islam, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta selalu mengajarkan kepada seluruh peserta didiknya untuk memiliki sifat suka berbagi kepada sesama. Kita tanamkan keyakinan kepada mereka bahwa sebaik baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama. Maka dalam hal ini, sekolah pada bulan pertama di tahun 2023 ini melaksanakan program hibah bantal untuk panti asuhan.

Pada tanggal 19 Januari 2023 kemaren, peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta telah berpartisipasi dalam kegiatan penyaluran hibah bantal ke panti asuhan Aisyiyah Kadipiro dan Pondok Pesantren MTs Muhammadiyah Surakarta. Penyerahan bantal dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta diserahkan oleh Suratman, S.Pd.I. dan Triyanta Wahyu Nugroho, S.Sn.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kepedulian terhadap sesama  dari peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta untuk sesama. Menurut Suratman, S.Pd.I.,  ”Penyaluran hibah bantal merupakan sinergi dalam persekolahan sebagai bentuk kerjasama maupun dalam sosial sebagai amal usaha Muhammadiyah”.

Di panti asuhan Aisyiyah telah diserahkan bantal sejumlah 40 bantal dan telah diterima oleh salah satu pengurus panti saat itu. Sedangkan di Mts Muhammadiyah Surakarta di serahkan 30 bantal diterima langsung oleh kepala MTs Muhammadiyah Surakarta bapak Sumarman, S.Ag.

Semoga kepedulian terhadap sesama dari peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta bermanfaat dan memberikan keberkahan untuk semuanya. Jayalah selalu Muhiku