Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelantikan Akbar Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas lambung Mangkurat

Pelantikan Akbar Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas lambung Mangkurat

Banjarmasin, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E.,M.Si melantik Ketua Dewan Perwakilan Masyarakat (DPM), Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan 17 ketua untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan ULM. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rektorat ULM lantai 1, Rabu (25/01/20223). Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, SE., M.Si, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Dra Hj. Lisna Rahmawati, M.Pd beserta jajarannya.

Dalam kesempatan ini, Rektor melantik Ahmad Nurhadi sebagai Ketua BEM ULM dan Muhammad Zainal Ilmi sebagai Ketua DPM, serta 17 Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya yang ada di ULM untuk periode 2023-2024. Pelantikan ini diharapkan dapat menjadikan ketua baru yang dilantik untuk dapat lebih berkolaborasi dan melanjutkan program-program mahasiswa ULM.  Ketua UKM yang dilantik pada hari ini sebelumnya sudah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pemilihan dari pemilihan umum yang dan diharapkan dapat memajukan,  mengharumkan nama ULM dan juga mendorong seluruh warga sivitas akademika ULM dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) ULM

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa para ketua UKM yang baru saja dilantik memegang amanah sebagai pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Pengurus UKM. Beliau mengatakan bahwa saat ini ULM sedang berada pada suatu proses perubahan organisasi yang disebut dengan masa transisi dari satker menuju BLU.

Kemudian ketika masih masa transisi tersebut, ULM diminta untuk segera menjadi PTN-BH. Diharapkan keterlibatan mahasiswa dapat mewujudkan prestasi yang setinggi mungkin dan berkontribusi secara optimal dalam rangka memberikan yang terbaik bagi ULM untuk menjadi PTN yang semakin berkinerja tinggi untuk  tahun 2023 dan seterusnya.

Kepada Mahasiswa yang baru dilantik Rektor menyampaikan bahwa dinamika perkembangan kampus kedepan semakin menantang untuk kita bersinergi. Salah satu tugas utama yang paling mendesak adalah bagaimana organisasi kemahasiswaan seluruh Universitas Lambung Mangkurat untuk mendorong maju dan berkembangnya Proses Pendidikan, penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat di lingkungan ULM. Kedua, terkait dengan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang terdiri dari 8 program, di luncurkan oleh Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, ULM kini sedang menyusun struktur keputusan MBKM mulai dari Universitas sampai Fakultas. Sehingga dengan demikian program-program yang diinginkan pemerintah dapat diwujudkan oleh Universitas Lambung Mangkurat dengan sebaik-baiknya.

Rektor juga melihat tantangan dan persoalan penting yang harus dijawab dan diperhatikan oleh sivitas akademika ULM termasuk oleh mahasisw. Pertama kita harus memperhatikan masa studi mahasiswa yang ada diseluruh prodi di ULM. Kedua, tanggung jawab secara akademik yaitu dimana meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa (IPK) dengan mengidentifikasi mahasiswa-mahasiwa yang memiliki IPK dibawah 2,5 serta strategi yang dilakukan seperti pembinaan oleh mahasiswa-mahasiswa yang memiliki IPK diatas 3 – 3,5 ke atas. Sehingga kita bisa dilihat bagaimana Universitas semakin maju karena keterlibatan mahasiswa lainnya.