Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Departemen HPT FP Gelar Seminar Internasional Perlindungan Tanaman Secara Hybrid

Departemen HPT FP Gelar Seminar Internasional Perlindungan Tanaman Secara Hybrid

Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya menyelenggarakan seminar internasional di bidang perlindungan tanaman secara hybrid Rabu, (25/1/2022) bertema “Recent Research and Advancement in Intergrated Management of Plant Pest and Disease”..

Seminar ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir Damanhuri, MS dan Wakil Duta Besar Indonesia di Riyadh Saudi Arabia, Arief Hidayat.

Dalam sambutannya, Dr. Damanhuri mengatakan melalui penyelenggaraan seminar internasional kali ini diharapakan dapat memperluas wawasan di bidang perlindungan tanaman dan menjadi awal untuk terjalinnya Kerjasama antara Universitas Brawijaya (UB) dan King Saud University (KSU).

Arief Hidayat berharap hasil dari pelaksanaan seminar ini juga akan memberikan kontribusi pada isu global ketahanan pangan. Disamping itu, terjalinnya Kerjasama antara UB dan KSU diharapkan dapat memegang peranan penting dalam Kerjasama antara Indonesia dan Saudi Arabia.

Kegiatan seminar internasional ini dihadiri oleh pemateri dari Universitas King Saud Saudi Arabia yaitu Prof. Mohammed Ali Al-Saleh, Prof. Yasser Eid Ibrahim, Prof. Abdurrahman Saad Aldawood dan Dr. Akhmad Rizali SP., M.Si dari Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini diselengarakan secara hybrid dengan dihadiri sebanyak 275 peserta dan 50 peserta yang bergabung secara luring.

Materi tentang virus tanaman dipaparkan oleh Prof. Mohammed Ali Al-Saleh, Prof. Yasser Eid Ibrahim memberikan pemparan tentang bakteri penyebab penyakit tanaman oleh, Prof. Abdurrahman Saad Aldawood  memberikan pemaparan tentang pengendalian hama secara terpadu oleh dan keragaman serangga dalam agroekosistem serta materi pengelolaan agroekosistem oleh Dr. Akhmad Rizali. (TTA/Humas UB).