Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Untan Mewisuda 1.365 Lulusan pada Wisuda Periode II TA 2022/2023

Untan Mewisuda 1.365 Lulusan pada Wisuda Periode II TA 2022/2023

Universitas Tanjungpura (Untan) kembali mewisuda 1.365  lulusan, di Gedung Auditorium Untan pada Kamis (26/1). Lulusan tersebut terdiri dari 47 orang dari Program Diploma. 1.199 orang dari Program Sarjana, 11 orang dari Program Profesi Dokter serta 108 orang Program Magister.

Rektor Untan, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si menyampaikan bahwa keberadaan para wisudawan yang diwisuda pada hari ini akan menambah jumlah SDM dengan beragam kualifikasi dan jenjang Pendidikan tinggi. Data BPS Kalbar, Maret 2022, menunjukkan bahwa total penduduk Kalimantan Barat saat ini sebanyak 5,47 juta jiwa. Sedangkan yang melanjutkan studi di perguruan tinggi hanya sebanyak 6,47%. “Tingkat pengetahuan dan Pendidikan serta tingkat pekerjaan dalam rangka upaya mendapatkan hidup yang layak ini sangat penting, karena berkaitan dengan indikator Indek Pembangunan Manusia,” pungkasnya.

Selain itu, Rektor Untan juga mangatakan bahwa saat ini dunia sedang dihadapkan dengan banyak sekali perubahan yang menuntut seluruh manusia khususnya pekerja untuk beradaptasi terlebih pada bidang transformasi digital.

Menurutnya lingkungan stategis yang cepat berubah dapat menjadi tantangan tersendiri bagi wisudawan, dan seluruh perguruan tinggi, termasuk Untan untuk menuju Generasi Emas di Tahun 2045, yaitu Generasi yang memiliki integritas yang baik, berkarakter ke Indonesiaan dan memiliki kecerdasan komprehensif, yaitu kecerdasan untuk bekerjasama, produktif, inovatif dan berperadaban unggul, serta memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan. “Tentu kita berharap para wisudawan pada hari ini dapat menunjukkan karakter seperti ini,” pungkasnya.