Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Pendidikan Karakter dan Kepramukaan (PK2)

Pendidikan Karakter dan Kepramukaan (PK2)

Pendidikan Karakter dan Kepramukaan (PK2)

SMA NEGERI 3 TAMBUN SELATAN

Pendidikan Karakter dan Kepramukaan (PK2) merupakan kegiatan yang diselenggarakan guna menumbuhkan tunas bangsa berkarakter yang dapat mengisi kemerdekaan nasional dengan landasan profil pelajar pancasila. Kegiatan PK2 SMA Negeri 3 Tambun Selatan tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan pada hari Kamis – Jumat, 12-13 Januari 2023 di Markas Batalyon Arhanud 1 Kostrad, Serpong Tangerang Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 315 peserta didik kelas 10 dengan pendamping Sembilan orang panitia yang merupakan tujuh orang BPH OSIS dan dua orang perwakilan dari ekstrakurikuler, serta diawasi oleh Bapak/ibu guru dan komite SMA Negeri 3 Tambun Selatan sebagai pembina yang berjumlah 20 orang, serta 20 Prajurit Batalyon Arhanud 1 sebagai pelatih.

(Apel Pembukaan oleh Kepala SMA Negeri 3 Tambun Selatan)

Di hari pertama kegiatan PK2 ini diawali dengan Apel pembukaan oleh Kepala SMA Negeri 3 Tambun Selatan dengan memberikan semangat kepada para peserta dan juga imbauan agar tetap mengutamakan Kesehatan dan keselamatan dalam kegiatan ini. Pada kegiatan ini banyak peserta yang tumbang sekitar 25 orang. Setelah apel pembukaan selesai dilanjutkan materi PBB oleh para pelatih, materi Kepramukaan disampaikan oleh pembina Pramuka SMA Negeri 3 Tambun Selatan dan materi Kompas oleh pelatih di Lapangan Tembak Markas Batalyon Arhanud 1.

(Pembawaan materi Kompas oleh Pasukan Arhanud 1)

Pada pukul 19.30-20.30 peserta diberikan materi Wawasan Kebangsaan di Ruang Aula Markas Batalyon Arhanud . Setelah pemaparan materi Wawasan Kebangsaan peserta diarahkan ke area Lapangan Gelanggang 1 untuk melakukan kegiatan api unggun dan renungan malam. Secara simbolis, biasanya api unggun digunakan untuk menyalakan semangat Dasa Dharma Pramuka dan menjadi simbol kebersamaan serta dilakukan sebagai bahan untuk evaluasi diri sehingga terdapat perubahan positif yang berdampak terhadap lingkungan baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

     (Kegiatan Api Unggun dan Renungan Malam)

Keesokan harinya, peserta PK2 melakukan senam pagi dan dilanjutkan materi Longdarlap (Pertolongan Darurat di Lapangan), Pengenalan Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata), serta menghadapi beberapa rintangan Outbound dan Fun game. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kesiapan peserta didik agar terbiasa menghadapi perjalanan hidup. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem satu tim yang bertujuan untuk membangun kerjasama, melatih kekompakan, dan saling mempercayai satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam kegiatan ini dilaksanakan dengan waktu yang sangat singkat.

                (Kegiatan Outbound dan Fun Game)

Pada siang hari dilaksanakan Apel oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dengan memberikan nasihat kepada peserta untuk menghadapi kehidupan setelah kegiatan ini selesai.

(Apel Penutupan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA 3 Negeri Tambun Selatan)

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diwajibkan untuk peserta didik kelas 10 SMA Negeri 3 Tambun Selatan sebagai pelatihan pembentukkan karakter. Semoga para peserta kegiatan PK2 di tahun ini dapat menjadi acuan bagi peserta didik untuk membangun karakter yang lebih unggul di kehidupan sehari-hari. Harapan untuk kegiatan PK2 di tahun selanjutnya  peserta lebih mempersiapkan diri dalam hal rohani dan jasmani serta mendapat materi dengan waktu yang tidak singkat.

Tim Penulis :

Ni Komang Vini Syahrani XI MIPA 6
Rayhana Hanin Akmalia X MIPA 1
Firanti Zahrani Rajab X MIPA 4
Dea Faulia Zahra X MIPA 5