Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

FPIK Unpad Gelar Pengabdian di Desa Sukasari, Sumedang

FPIK Unpad Gelar Pengabdian di Desa Sukasari, Sumedang

[Kanal Media Unpad] Tim Departemen Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Sumedang, Kamis (26/1/2023) lalu.

Kegiatan PKM yang mengusung tema “Membangun Ketahanan Pangan Melalui Budi Daya Ikan Nila Sistem Bioflok” ini digelar di salah satu desa binaan Unpad yang rencananya akan dikembangkan menjadi kawasan eduwisata. Ada tiga topik diskusi yang disajikan dalam kegiatan pengabdian FPIK Unpad tersebut.

Tiga topik tersebut disampaikan oleh dosen FPIK Unpad. Topik pertama, yaitu ketahanan pangan berbasis ikan yang disampaikan Dr. Iwang Gumilar. Topik kedua mengenai sosialisasi budi daya ikan sistem bioflok sebagai upaya ketahanan pangan oleh Dr. Ujang Subhan, serta topik ketiga mengenai pemanfaatan lemna sebagai pakan tambahan untuk budi daya ikan oleh Dr. Yuli Andriani.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad disampaikan, ketahanan pangan berbasis ikan menurut Iwang bukan sebatas program sederhana, tetapi memerlukan integrasi kerja sama Pentahelix.

“Membangun sebuah ketahanan pangan harus didasarkan pada potensi lokal dan komitmen masyarakat sehingga terjaga keberlanjutannya,” kata Iwang.

Sementara Ujang menyampaikan melalui budi daya ikan sistem bioflok bisa meningkatkan produktivitas ikan pada lahan yang relatif lebih terbatas. Adapun Yuli memaparkan pengenalan pakan sumber daya lokal untuk membantu pertumbuhan ikan nila, mengingat saat ini pakan ikan masih terlalu bergantung pada pakan komersial yang harganya cenderung selalu naik, sedangkan harga jual ikan dapat sangat rendah sewaktu-waktu.

Kegiatan pengabdian ini diapresiasi baik oleh masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten Sumedang. Menutup PKM ini, Kepala Departemen Perikanan Prof. Dr. Ir Zahidah menyampaikan komitmen untuk mendampingi program membangun ketahanan pangan di Desa Sindangsari dalam bentuk riset serta pengabdian dimasa mendatang. (rilis)*