Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim KKN Unpad Lakukan Edukasi Pangan, Kuliner, dan Gizi di Desa Padaasih, KBB

Tim KKN Unpad Lakukan Edukasi Pangan, Kuliner, dan Gizi di Desa Padaasih, KBB

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Tim KKN-PPM Integratif Universitas Padjadjaran dengan Dosen Pembimbing Lapangan Fadly Rahman, S.S., M.A., menggelar sosialisasi dari berbagai bidang ekonomi, kesehatan, serta pendidikan kepada masyarakat di Desa Padaasih, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, tim yang diketuai Muhammad Nurfauzan ini mengangkat tema besar “Edukasi Pangan, Kuliner, dan Gizi Kepada Masyarakat Desa Padaasih, Kabupaten Bandung Barat”.

Di desa tersebut, tim KKN Unpad dibagi menjadi tiga subkelompok. Sub kelompok 1 yang mengangkat tema “Pengembangan UMKM dengan Memanfaatkan Buah-Buahan Lokal” memaparkan materi dan demo masak makanan sehat seperti yoghurt, puding, dan selai yang terbuat dari jeruk.

Hasil dari makanan tersebut dipasarkan dengan label “Rahayu” sebagai pengembangan UMKM di Desa Padaasih. Kegiatan ini dilaksanakan di  GOR Desa Padaasih pada Sabtu (21/1/2023) lalu.

Adapun sub kelompok 2 yang mengangkat tema “Edukasi MPASI dan Makanan Sehat kepada Balita” melakukan observasi dan wawancara kepada ibu-ibu pengurus posyandu. Kegiatan ini dilaksanakan di Posyandu RW 06 pada Jumat (13/1/2023).

Observasi yang dilakukan mengenai kurangnya edukasi terhadap para ibu untuk memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) kepada bayinya karena hal ini menjadi salah satu permasalahan terbesar di Desa Padaasih.

“Di Desa Padaasih tidak terdapat anak yang kekurangan gizi atau stunting, namun kesalahan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi,” ujar Nunung, Sekretaris Kader PKK Desa Padaasih.

Sub kelompok 3 yang mengangkat tema “Edukasi Makanan Sehat Berbasis Komoditas Sayuran kepada Siswa Sekolah Dasar” memperkenalkan makanan sehat kepada pelajar sekolah dasar. Kegiatan yang dilaksakan, yaitu: pemaparan materi edukasi makanan sehat, kegiatan senam, serta kegiatan memakan bekal sehat berisi sayuran lokal yang telah diedukasi sebelumnya.

Untuk mematangkan program kerja KKN Unpad, diadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan founder Rumah Kayu Permaculture (RKP) Bandung Luky L. Santoso yang juga merupakan warga Desa Padaasih. Dengan pengalamannya yang sudah konsep kebun organik (Permaculture), tim KKN Unpad mencoba mengadaptasikan ilmu pangan dan gizi yang kemudian disesuaikan dengan program kerja setiap sub kelompok.

Seluruh kegiatan program KKN Unpad yang didokumentasikan melalui media Instagram https://www.instagram.com/kkn.desapadaasih/ ini mendapatkan antusiasme dari berbagai kalangan masyarakat Desa Padaasih.

Dengan menyorot edukasi sektor pangan, kuliner, dan gizi melalui kolaborasi interdisiplin ilmu ekonomi, kesehatan, dan pendidikan didukung pemanfaatan media informasi mutakhir, pihak Pemerintah Desa optimis akan keberlanjutan program kerja KKN  Unpad di Desa Padaasih.

Kepala Desa Padaasih Mujijat mendukung penuh program KKN UNpad. “Kami sepenuhnya mendukung dengan program yang dilaksanakan di Desa Padaasih ini untuk meningkatkan Desa Padaasih ini untuk mengembangkan dari berbagai bidang yang akan dilaksanakan,” ujarnya. (rilis)*