Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Diyah dan Afrizal Duta Green Campus UNJA 2023, Siap Wujudkan Program UNJA LESTARI

Diyah dan Afrizal Duta Green Campus UNJA 2023, Siap Wujudkan Program UNJA LESTARI

MENDALO,- Diyah Ayu Putri Maharani (Dya), mahasiswi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Muhammad Afrizal, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jambi (UNJA), terpilih sebagai Duta Green Campus UNJA 2023.

Dya dan Afrizal diumumkan terpilih sebagai Duta Green Campus pada perhelatan acara UNJA Awards 2022 bulan Desember kemarin dan membawa pulang hadiah berupa piagam penghargaan, selempang, bunga, dan merchandise. Mereka berdua berhasil mengalahkan 20 lebih peserta lainnya yang berasal dari berbagai Prodi yang ada di UNJA.

Selain sebagai Duta Green Campus UNJA, Dya juga terpilih sebagai Duta Green Campus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNJA 2023 dan Duta Kesehatan Indonesia Provinsi Jambi 2023. Afrizal di lain pihak, juga masih aktif sebagai Bujang Muaro Jambi 2022-2023.

 

Seleksi pemilihan Duta Green Campus UNJA sendiri dilakukan di Ruang Multimedia Perpustakaan UNJA pada 29 November 2022 melalui beberapa tahapan, seperti tes tertulis, tes lisan, dan wawancara langsung. Dengan 3 orang dewan juri yaitu Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd., Mutia Fadhila Putri, M.Kom., dan Hariestya Viareco, B.Eng., M.Eng.

Dya menjelaskan motivasi awal kenapa ia ingin menjadi Duta Green Campus UNJA dan harapannya untuk masa bakti 2023.

“Untuk membantu menyukseskan program Universitas Jambi sebagai salah satu kampus yang ramah lingkungan, serta mendukung partisipasi Universitas Jambi dalam pengelolaan Kampus Hijau Berkelanjutan yang ikut serta dalam program UI Green Metric World Green University Ranking. Untuk itulah saya mengikuti pemilihan tersebut,” ujarnya.

“Harapannya, semoga dengan adanya saya sebagai Duta Green Campus Universitas Jambi, saya dapat membantu dan melaksanakan tugas dengan baik karena Duta Green Campus berperan penting dalam memberikan wawasan tentang pentingnya menjaga lingkungan kampus,” jelas Dya.

Afrizal menyampaikan bahwa ia ingin menjadi ikon sekaligus Penggerak Green Campus di dalam Universitas Jambi serta menjadi mahasiswa percontohan bagi mahasiswa UNJA lainnya dalam menjaga lingkungan kampus. Sehingga, nantinya UNJA bukan hanya kampus yang asri saja tetapi juga memiliki lingkungan perkuliahan yang nyaman, aman, dan tentram bagi orang-orang yang ada di dalamnya.

“Program yang bakal kami lakukan selaku Duta terpilih, kami akan melaksanakan ‘Gerakan Pungut Sampah’ pada 19 Februari 2023 bertepatan dengan Hari Sampah Nasional, serta mengajak mahasiswa lainnya untuk selalu peduli dengan permasalahan lingkungan di dalam Universitas Jambi sehingga mahasiswa bukan hanya diam saja mengenai masalah lingkungan di sekitar kampus tetapi juga memberikan saran, kritik, dan solusi. Karena saya yakin kalau kita bergerak bersama, semua masalah akan terselesaikan,” ungkap Afrizal.

Selain hal-hal yang dijabarkan di atas, Dya dan Afrizal juga ingin mengembangkan program-program yang dapat merealisasikan UNJA sebagai Green Campus, diantaranya Mewujudkan Kampus Hijau dan Bersih; Penggunaan Energi yang Hemat dan Efisiensi; Efisiensi Penggunaan Kertas (Paperless); Pengelolaan Sampah menuju “Zero Waste Management”; Pemanfaatan Bahan DaurUlang (Recycle Materials); serta Penggunakan Bike-Share (fasilitas sepeda kampus).

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS