Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Siswa SD Bisa Bermain Apik di Festival Soccer UMJ 2023

Siswa SD Bisa Bermain Apik di Festival Soccer UMJ 2023

Usia bukan menjadi tolak ukur kemampuan apa lagi dalam hal bermain sepak bola. Puluhan siswa Sekolah Dasar bisa bermain sepak bola dengan apik, beberapa kali terlihat menjunjukan gerakan dengan bola maupun tanpa bola di lapangan Stadion UMJ dalam rangka Festival Soccer UMJ 2023 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) cabang olahraga sepak bola Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Minggu (29/01). Kegiatan yang diikuti oleh lima sekolah dasar, yaitu Lab School UMJ, Madania School, SDN 12 Pondok Labu, SD Widuri, dan SD Bakti Mulya 400.

Seluruh pertandingan dalam festival tersebut selesai di hari yang sama. Keluar sebagai juara pertama yaitu SDN 12 Pondok Labu, diikuti juara kedua oleh Lab School UMJ, dan juara ketiga oleh SD Bakti Mulya 400. Agenda dihadiri oleh Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Ketua Pengelola Lab School FIP UMJ Drs. Imam Mutjaba, M.Si., serta sivitas akademika UMJ.

Dalam sambutannya, Ma’mun mengungkapkan bahwa tata kelola sepak bola di Indonesia harusnya bisa lebih baik. “Praktis kita itu tidak punya prestasi menggembirakan di Timnas (tim nasional) senior. Ini ditandai dengan sepak bola gajah dari naik turunnya tim di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, itu lebih banyak karena peraturan yang tidak sportif. Begitu juga dalam seleksi pemain nasional,” tutur Ma’mun.

Menurutnya pembinaan talenta muda melalui pendirian sekolah sepak bola (SSB) sampai pelibatan dunia akademik, termasuk sekolah, dan perguruan tinggi itu penting. Dilansir dari instagram pribadi Ma’mun (@mamunalbarbasy) bahwa festival tersebut dapat ditindaklanjuti bagi peserta, yang berminat melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) khusus pemain sepak bola.

“Indonesia punya banyak bakat-bakat potensi pemain bola. Sayangnya federasi sepak bola Indonesia dirasa apa adanya, menjadikan prestasi Timnas kita mandek. Bagus kalau anak-anak selepas SD bisa melanjutkan ke jenjang sekolah SMP, yang khusus buat pemain bola. Soccer Boarding School (SBS) UMJ siap menampung untuk siswa-siswa SD dan SMP yang hobi dan berminat menjadi pemain bola profesional,” terang Ma’mun.

Ma’mun Murod saat menghadiri Festival Soccer UMJ 2023 di Stadion UMJ, Minggu (29/01).

Lerby Hidayatullah, Pelatih UKM cabang olahraga sepak bola UMJ mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya Festival Soccer UMJ 2023 yaitu untuk memberikan informasi terhadap SD tentang SBS UMJ. “Targetnya SD untuk mengenali SBS ke tingkat SMP,” ujar Lerby.

Ia berharap dengan berjalannya SBS untuk usia dini atau dasar, UMJ tidak lagi kesulitan untuk mencari bakat-bakat pemain sepak bola karena sudah bisa berjalan dari sistem pembinaannya. “Nantinya, inshaallah mereka bisa bermain di Liga Mahasiswa, yang di mana prestasi UMJ khususnya untuk sepak bola tingkat regional dan nasional, alhamdulilah sangat baik. Ini mesti dijaga prestasi yang sudah diraih,” pungkas Lerby.

SBS UMJ merupakan lembaga pendidikan yang bersifat khusus (pendidikan khusus sepak bola), di mana peserta didik tidak hanya dibina keterampilan sepak bola saja, namun juga mendapatkan pendidikan formal dan pendidikan keagamaan yang berjalan beriringan. Adapun visi SBS UMJ adalah melahirkan atet sepakbola bertaraf nasional dan internasional pada tahun 2030 berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. (QF/KSU)