Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Sosiologi Unpad Bekali Calon Pengurus OSIS Keterampilan Kepemimpinan

Prodi Sosiologi Unpad Bekali Calon Pengurus OSIS Keterampilan Kepemimpinan

Laporan oleh Sabna Balqist

[Kanal Media Unpad] Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Padjadjaran dan SMK YPGU Sumedang menggelar Pelatihan Pengembangan Diri dan Kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS, 20 – 21 Januari 2023.

Pelatihan ini merupakan rangkaian program kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Sosiologi Unpad dengan SMK YPGU Sumedang. Kolaborasi bertujuan membangun kapasitas siswa sebagai calon pengelola dan pengurus OSIS di SMK tersebut.

Secara berkelompok, siswa menuliskan refleksi pembelajaran melalui kertas flipchart yang dituliskan bersama hasil diskusi kelompok dan kemudian dipresentasikan.

Ketua Program Studi Sosiologi Unpad Dr. Hery Wibowo S.Psi., MM, mengatakan, kegiatan ini berfokus pada proses pembelajaran efektif yang menekankan pentingnya belajar sebagai proses personal.

Hal ini mendorong setiap siswa membangun pengetahuan dan pengalaman personal melalui interaksi dengan lingkungannya.

“Melalui pendekatan Student Center Learning, diharapkan siswa lebih mampu berinisiatif dalam mengeksplorasi pemikiran dan lebih dinamis dalam mempraktekkan pelajaran yang diberikan,” ujar Hery.

Agenda ini bertujuan menjadikan siswa peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa agar siap menjadi pemimpin, menghasilkan inovasi, dan juga memiliki ketertarikan terhadap organisasi.

“Kita berharap acara ini menjadi pembuka rangkaian kerjasama kolaboratif dan mutualisme dari kedua lembaga, yang bukan hanya sebagai lokasi magang MBKM mahasiswa, namun juga ajang kolaboratif bagi implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Hery..(rilis)*