Rabu, 17 April 2024
Perguruan Tinggi

Ikuti Program MISB di RevoU Tech Academy, Yuni Makin Percaya Diri

Ikuti Program MISB di RevoU Tech Academy, Yuni Makin Percaya Diri

Jember, 30 Januari 2023

Ditjen Dikti Kemendikbudristek menggelar Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Banyak program yang bisa diikuti oleh mahasiswa, dari pertukaran mahasiswa, penelitian, menjadi pengajar, ikut dalam proyek kemanusiaan hingga magang. Salah satu program yang digelar adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program MSIB dirancang untuk memastikan mahasiswa mendapatkan keterampilan dan kompetensi utama, terbaik, dan terkini untuk menghadapi dunia masa depan.

Salah satu mahasiswa Universitas Jember, Yuni Septi Liana Dewi dari Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP menjalani program MSIB di RevoU Tech Academy. Berikut testimoni Yuni selama magang di RevoU Tech Academy.

 Halo semuanya, namaku Yuni Septi Liana Dewi biasa dipanggil Liana. Saat ini saya mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember angkatan 2020 yang sebentar lagi akan memasuki semester 6.

Latar Belakang Mengikuti Kampus Merdeka

Awal ketertarikan saya pada program kampus merdeka yaitu dari semester 3 saat mengikuti seminar yang diisi oleh mahasiswa magang dari beberapa perusahaan. Di sana, saya mendapatkan informasi  bahwa ada program pemerintah yang menawarkan magang yang bisa dikonversi 20 SKS.

Target saya mengikuti program ini di semester 5, sehingga saya mulai mencari informasi tentang program Kampus Merdeka khususnya MSIB. Salah satu alasan khusus untuk ikut program MSIB adalah untuk mendapatkan pengalaman sebelum terjun di dunia kerja yang menurut saya sangat penting.

Melihat dari kondisi tingginya angka pengangguran, menurut analisa saya dikarenakan oleh ketidaksiapan calon pekerja menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan. Sehingga menyiapkan karir dan mengasah skill akan jadi persiapan yang mumpuni untuk menghadapi dunia kerja.

Singkat cerita di awal semester 5 saya mulai mengumpulkan berkas yang dibutuhkan untuk mengikuti program MSIB. Awalnya saya mengalami kesulitan untuk mengumpulkan berkas karena kurangnya komunikasi ke pihak prodi. Tapi, setelah dikomunikasikan dengan baik melalui laporan, semua berkas bisa diurus dengan mudah dan dibantu juga oleh pihak HMP PE Libra.

Sambil menunggu semua berkas selesai, saya mengikuti sosialisasi program MSIB dari kampus. Dari sosialisasi tersebut banyak hal yang saya dapatkan. Selain itu pihak kampus juga merekomendasikan untuk mahasiswa semester 5 mengikuti studi independen saja dibandingkan magang. Dari informasi tersebut, saya mulai mempertimbangkan apakah lebih baik ikut magang atau studi Independen. Akhirnya, saya memilih dua-duanya dan mendaftar di kedua program tersebut..

Singkat cerita, saya sering melihat di media sosial iklan dari RevoU yang menawarkan program studi independen bersertifikat dengan konversi 20 SKS. Disitu saya mencoba menonton videonya sampai akhir dan ketika saya lihat komentarnya, semuanya positif. Banyak orang yang pernah mengikuti mini course RevoU dan mereka merekomendasikan program tersebut.

Selain itu alasan yang memperkuat saya mengikuti program ini adalah topik pembelajaran yang ditawarkan. Ada bidang yang memang ingin saya tekuni, yaitu digital marketing. Selain itu juga ada data Analytics dan Product management yang menarik perhatian saya. Saat melihat topik-topik ini saya sangat semangat dan tidak sabar untuk melanjutkan proses pendaftarannya. Setelah mengikuti berbagi tahapan, alhamdulillah saya diterima studi independen di RevoU Tech Academy – Product, Sales, Marketing & Data.

Rangkaian Proses Seleksi Kampus Merdeka

Proses seleksi MSIB dimulai dari seleksi berkas kemudian dilanjutkan pendaftaran kepada mitra yang dituju. Tapi sebelum pendaftaran pastinya kita diharuskan memiliki akun Kampus Merdeka, karena semua proses akan di record di website Kampus Merdeka. Selanjutnya untuk pemberkasan dibutuhkan CV, transkrip nilai, surat rekomendasi, SPTJM, KTP, dan dokumen tambahan.

Setelah semua berkas ini diunggah maka kita bisa mendaftar ke mitra yang dituju, kemudian proses akan dilanjutkan oleh beberapa tahapan dari pihak mitra. Untuk RevoU sendiri, diawal setelah mengunggah berkas, saya mendapatkan email konfirmasi menginformasikan bahwa saya telah memenuhi syarta untuk mengikuti program yang dimiliki oleh RevoU.

Selanjutnya diarahkan untuk mengerjakan sebuah initial assessment dari RevoU yang dikerjakan maksimal 24 jam sejak pesan email dikirimkan.

Setelah semua proses tersebut selesai, jika lolos akan mendapatkan email yang berisi ucapan selamat dari mitra. Eitsss… Tapi tidak sampai di sini aja, masih ada tahap terakhir yaitu survey kebhinekaan yang hukumnya wajib dikerjakan meskipun sudah dinyatakan lolos. Survey kebhinekaan ini merupakan penutup dari semua rangkaian proses seleksi MSIB.

RevoU Tech Academy – Product, Sales, Marketing, Data

Ikut studi independen full online mungkin di awal terlihat membosankan, apalagi sudah 4 semester online. Masa semester 5 nya ngambil studi Independen online juga?  Pasti sangat membosankan. Itu sekilas isi otak saya waktu itu… Tidak bisa berekspektasi besar karena programnya online.

Di Minggu pertama belajar di RevoU ternyata apa yang saya pikirkan terpatahkan semuanya, gimana enggak ternyata sesinya seru abisss guys gak ada bosennya. Mulai dari instruktur nya yang humble, ada juga yang friendly dan bahkan ada instruktur yang suka ngelawak di Zoom disuruh senam sebelum belajar namanya Kak Fury. Beliau suka nunjuk peserta untuk jawab pertanyaan nya (hayoo ngaku anak RevoU batch 3 yang suka leave zoom pas ditunjuk kak fury hahaha jadi kangen ya….). Nah itu adalah perasaan selama aku di RevoU senang dan ketagihan belajar, kalau gak on cam kurang afdol belajarnya.

Yuk saya ceritakan yaaa gimana proses pembelajaran di RevoU yang bikin saya ketagihan buat ikut zoom 2 jam setiap malamnya. Diawal minggu biasanya akan selalu ada SM (Section Manager)  dan mentor yang akan mengumumkan apa saja yang akan dipelajari untuk minggu tersebut.

Kemudian kami juga diberikan bahan pembelajaran untuk dibaca setiap hari namanya Asynchronous Learning sebelum memulai lecture di malam hari. Daily reading sangat membantu supaya kita bisa mengeksplor dulu  apa yang akan dipelajari di malam hari sehingga untuk kita yang perlu mempelajari materi tersebut bisa tau ilmu dasarnya.

Lecture di malam hari diajar oleh para instruktur dari berbagai perusahaan di Indonesia yang memang expert dalam bidangnya. Nah lecture ini akan berlangsung dalam 2 jam, dimulai dari jam 19.00 dan berakhir di jam 21.00. Wah lama ya? Eitsss jangan salah guys, meskipun lama tapi materinya daging banget dan tenang aja di sela sela materi juga ada sesi istirahatnya.

Kalau di section saya, waktu istirahat biasanya dipakai untuk main kuis dan kadang juga dengerin lagu. Di RevoU juga cukup on time, kalau misal materi malam itu belum selesai disampaikan semua sama instruktur tetapi jam sudah menunjukkan pukul 21.00, maka instruktur akan menghentikan pembelajaran dan sesinya akan selesaii. Tetapi topik akan dilanjutkan besok malamnya ya.

Saat sesi lecture, kita boleh tanya banyak hal yang belum dimengerti, dan instruktur juga semuanya suka banget kalau ada yang tanya mau pertanyaan mudah atau susah semua akan sangat diapresiasi. Jadi gak bakalan insecure kalau pertanyaannya mungkin terlalu mudah.

Selain itu kita juga boleh bertanya seputar karir dari para instruktur sehingga bisa memberikan gambaran untuk kita yang akan terjun di dunia kerja nanti sesuai dengan keahlian para instruktur ini. Nah ini merupakan gambaran terkait pembelajaran di RevoU.

Next, gimana tugas tugasnya nih kak? Susah gak?

Nah untuk tugas, biasanya ada individual assignments setiap minggu dan itu wajib dikerjakan, ada juga KKM spesifik dari RevoU. Soal-soalnya juga mudah kok, yang penting kita sudah baca materi dan juga memperhatikan Lecture.

Hari Jumat malam akan ada sesi pembahasan terkait assignments, jadi untuk soal yang mungkin penasaran kenapa jawaban kalian salah, kalian bisa banget tanyakan di sesi ini.

Selanjutnya juga ada yang namanya capstone project disetiap vertikal. Selama aku studi independen di RevoU ada 4 capstone project yang dikerjakan yaitu capstone project Tech Sales, Digital Marketing, Product Management, dan Data Analytics.

Setiap capstone pastinya punya tantangannya sendiri dan tenang aja ini dikerjakan bersama tim ya. Jadinya memudahkan karena kita bisa bertukar pendapat dengan anggota lain jika memang kebingungan. Di RevoU juga ada sesi mentoring sessions dimana kita akan melakukan Zoom bersama mentor 1 kali selama seminggu dan biasanya disesi ini mentor akan tanya progress capstone dan kita akan dikasih banyak tambahan saran maupun kritik. Nah mentornya juga sudah expert dalam bidangnya dan gak ada yang galak. Semuanya benar-benar bisa dihubungi setiap saat dan baikkk banget, selalu support.

Dalam capstone project ini, soft skill dan hard skill kita akan diasah banget gimana kemampuan analisis kita, problem solving, time management, team work, komunikasi, dan lainnya.

Setelah capstone selesai nantinya akan ada sesi pitching day dimana kita akan mempresentasikan hasil capstone tersebut kepada juri yang merupakan specialist dalam bidangnya. Dan ini jadi sesi yang selalu menegangkan, karena kita harus bersikap profesional dan waktu presentasi hanya 10 menit. Kita juga akan dapat feedback dari specialis nya dan juga ada sesi tanya jawab.

Saya suka semua vertikal yang saya pelajari, tapi kalau harus memilih, saya paling suka yang digital marketing, Product Management, data Analytics nihh soalnya seru banget dan ketagihan belajarnya.

Semua mentor dan instruktur nya juga sangat memuaskan. Capstone nya penuh perjuangan untuk dikerjakan, dan seluruh pengalamannya memberikan saya pengalaman yang tidak terlupakan. Oh iya, di RevoU juga ada sesi Career Development loh guys jadi kita bisa banyak mendapatkan pengetahuan untuk gimana caranya menyiapkan segala sesuatu untuk karir kita di masa depan. RevoU memang yang terbaik!

Perubahan Setelah Mengikuti Program Kampus Merdeka

Perubahan yang saya rasakan, saya menjadi lebih percaya diri dalam bertanya karena di RevoU selalu diapresiasi kalau bertanya. Selain itu, mentor dan instruktur setiap dapat pertanyaan akan selalu memberikan respon “nah good question”. Sederhana, tapi bagi orang-orang yang malu bertanya itu membentuk dirinya menjadi lebih percaya diri.

Selain itu kemampuan analisis dan problem solving juga diasah, jadi makin paham cara menganalisis pertanyaan dan jawaban. Selain itu, saya juga banyak menemukan teman baru dan pengetahuan yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan di bangku perkuliahan.

Setelah lulus dari program RevoU x Kampus Merdeka ini, saya langsung mendapat tawaran kembali bersama RevoU sebagai Ops. Executive Intern dan juga saya mendapatkan kesempatan untuk menuliskan sedikit cerita saya sebagai alumni studi independen di RevoU pada artikel ini. Ini merupakan pengalaman luar biasa menurut saya dan menjadi sebuah perubahan positif bagi diri saya. Thank you so much RevoU!

Pesan untuk Teman-Teman yang Berminat untuk Ikut Kampus Merdeka

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti program Kampus Merdeka ada sedikit tips dari saya, berikut beberapa tipsnya:

  1. Siapkan semua dokumen lebih awal, dan untuk mempermudah mengurus dokumen disarankan sekali untuk komunikasi dengan pihak prodi.
  2. Temukan teman yang memang ingin mengikuti program yang sama seperti yang kalian pilih. Hal ini agar kalian juga bisa saling sharing dan mengingatkan satu sama lain agar tidak ketinggalan informasi.
  3. Pantau media sosial dari program yang kalian pilih. Karena pastinya semua informasi akan dibagikan via media sosial agar tidak bingung dengan proses dan alurnya.
  4. Research terkait program yang ditawarkan dan juga terkait mitranya serta bagaimana pembelajaran nya. Hal ini untuk menghindari program yang ternyata tidak cocok dengan minat setelah proses pembelajaran, karena akan berdampak pada pemahaman materi. Apalagi beberapa kampus juga sudah mengkonversi program Kampus Merdeka ke 20 SKS. Kalau kalian tidak minat nanti berdampak pada hasil penilaiannya dan juga dibutuhkan komitmen untuk menyelesaikan program ini sampai akhir. Semangat!

Sedikit tips motivasi agar semangat menyelesaikan sampai akhir

  1. Tentukan goals kalian. Misal mau jadi best project. Nah itu akan membuat semangat kalian terus terpacu sampai mendapatkan apa yang kalian mau.
  2. Self Reward, ini dibutuhkan supaya kalian tetap dalam mood yang baik. Kalau kalian lagi capek sama projek buatlah sebuah reward buat diri sendiri bisa dengan makan makanan yang disuka atau healing sejenak.
  3. Selalu bertanya dan menceritakan problem dalam studi independen yang sedang dihadapi. Misalnya, anggota timnya kurang aktif jadi menghambat pengerjaan project. Kalian bisa banget langsung ceritain ke SM atau mentor kalian, jadi bisa dicari solusi bersama. Supaya tidak terjadi pertengkaran yang mengakibatkan pihak lain tersakiti.

Yakin akan kemampuan diri sendiri, jangan mudah menyerah hanya karena merasa tidak mampu menyelesaikan tugas. Semua hal pasti butuh proses, percaya bahwa dalam menjalankan proses itu memang tidak akan pernah mudah tapi bukan berarti tidak mungkin, semua pasti akan selesai. Percayalah semua orang tercipta dengan kelebihan nya masing-masing. Good luck!