Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

3.277 Mahasiswa KKN Reguler Periode Januari 2023 Resmi Diterjunkan

3.277 Mahasiswa KKN Reguler Periode Januari 2023 Resmi Diterjunkan

Penerjunan mahasiswa KKN Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) periode Januari 2023 (Foto: Farida)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Sabtu, 28 Januari 2023, adakan penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler periode ke-101, 102, 103,104, 105, dan 106. Acara berlangsung  di Masjid Islamic Center UAD.

Turut hadir Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Drs. Parjiman, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Utik Bidayati, S.E., M.M., Wakil Rektor Bidan Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum (KKAU), Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. yang merupakan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD, beserta dosen pembimbing lapang (DPL) dari setiap fakultas.

Rusydi dalam sambutannya menyampaikan, KKN merupakan waktu yang tepat untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan selama masa perkuliahan dan diterapkan kepada masyarakat. “Mahasiswa harus mencari permasalahan yang ada di wilayah tersebut, baik masalah fisik maupun sosial. Setelah menemukan permasalahan, maka mahasiswa KKN diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.”

KKN reguler pada periode ini dilaksanakan secara luring dan tersebar ke beberapa wilayah di antaranya di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, Pacitan, dan Bima, serta Thailand dan Malaysia. Jumlah keseluruhan mahasiswa KKN reguler pada periode ini adalah sekitar 3.277 mahasiswa dan 195 DPL.

Lebih lanjut, Rusydi berpesan bahwa mahasiswa UAD dengan latar belakang dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PMTA) harus dapat memberi contoh kepada masyarakat setempat serta menjaga nilai AIK dan menjaga etika sopan santun.

Terakhir, acara ditutup dengan doa dan penyematan jas almamater kepada mahasiswa KKN reguler dan foto bersama. (frd)

uad.ac.id