Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelaksanaan LDKS di SMASA Dorong Siswa Miliki Mentalitas Kepemimpinan dan Kebangsaan

Pelaksanaan LDKS di SMASA Dorong Siswa Miliki Mentalitas Kepemimpinan dan Kebangsaan

Sabtu (26/1), SMAN 1 Situbondo menjadi tuan rumah pelaksanaan acara Latihan Dasar Kepemimpinan bagi Siswa (LDKS). LDKS ini terlaksana berkat kolaborasi antara Tim Gabungan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bersama Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya.

Kepala SMASA, Ibu Martha Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd., bersama Kacabdindik Bondowoso, Bapak Achmad Jaenuri, S.Pd., M.Pd berada di garda depan dalam kesuksesan LDKS tersebut.

Sebanyak 500 pelajar dari 15 SMA, SMK, SMP se-Jawa Timur terlibat aktif dalam acara yang mengangkat tema “Membangun Mentalitas Kepemimpinan dan Mentalitas Kebangsaan Peserta Didik Sebagai Penerus Bangsa”.

Sejumlah tamu kehormatan turut hadir diantaranya STTAL, anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Hj. Zeiniye, Dandim 0823 Situbondo, Kapolres Situbondo, kepala-kepala SMA, SMK, SMP dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember dan Lumajang, Ketua PMI Situbondo, serta Bapak Aunur Rofiq.

Kegiatan ini dibuka oleh Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M, CHRMP, CACA, CRMP Komandan STTAL Surabaya. Dalam sambutannya, ia mengatakan pelaksanaan LDKS tersebut penting untuk meningkatkan karakter leader siswa dari sejak dini.

“Acara latihan dasar kepemimpinan ini merupakan acara yang dapat mewujudkan siswa yang visioner yang mampu menjadi seorang pemimpin kelak. Dengan melakukan pembiasaan dari sekolah dapat membuka ruang luas bagi siswa menjadi pribadi utuh yang kelak dapat berguna bangsa,” ungkap Dr.Mukhlis.

Selanjutnya, seluruh peserta LDKS dan tamu undangan bergerak menuju Aula SMASA untuk melakukan sesi pendatanganan piagam nota kesepakatan dan dilanjutkan dengan pemberian materi kepada peserta LDKS.

Bapak Achmad Jaenuri, S.Pd., M.Pd. selaku Kacabdin Wilayah Bondowoso dalam sambutannya menyampaikan harapan dengan diadakannya acara tersebut dapat membentuk kesiapan siswa pasca terjun di masyarakat.

“Semoga dari berlangsungnya acara ini dapat mewujudkan profil pelajar pancasila dan peserta didik kedepannya dapat menjadi sosok yang berguna bagi bangsa,” ungkapnya.

Kacabdin juga berharap acara LDKS tidak hanya kegiatan yang berlangsung tahun ini saja, tetapi berkelanjutan. Ia juga mengajak semua peserta untuk mengambil pelajaran baik agar seluruh siswa berhasil masuk perguruan tinggi dan mendapatkan beasiswa.

Sementara itu, Ibu Hj. Zeiniye mengaku bangga dengan diadakannya acara LDKS tersebut. Menurut Bu Zei, kegiatan tersebut penting karena dapat menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan kolaboratif berikutnya. “Ke depannya saya berharap SMASA menjadi pioner dan motor penggerak dalam setiap kegiatan kolaboratif di Jawa Timur,” tuturnya.

Terakhir, Bu Martha memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan acara tersebut. Menurut Bu Martha kesuksesan peserta didik di masa depan merupakan hasil kolaborasi yang baik antara semua elemen.

“Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tinggi untuk semua pihak. Berkat kebersamaan ini kita mampu berharap besar kelak akan lahir generasi yang tangguh. Memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dan berkontribusi baik untuk bangsa,” pungkasnya.

Di akhir acara, Komandan STTAL memberikan pujian atas kualitas SMASA dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Dr. Mukhlis terpesona dengan performa tim penari SMASA. Ia meminta secara khusus tim penari dapat tampil dalam acara wisuda STTAL yang akan dihadiri oleh Kasal pada bulan Juli mendatang. Rencana tersebut menjadi penyemangat untuk tim gabungan agar terus berkolaborasi membuat kegiatan yang positif dan bermanfaat.
___
Penulis: Tim SS News. | Editor: Moh. Farhan, S.S.