Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MAN 2 Seman Gelar Penyusunan SKP dan Diseminasi Publikasi Ilmiah

MAN 2 Seman Gelar Penyusunan SKP dan Diseminasi Publikasi Ilmiah

Sleman (MAN 2 Sleman)- Adanya format baru dalam penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), MAN 2 Sleman menggelar penyusunan SKP dan Diseminasi Publikasi Ilmiah pada Hari Senin (30/01/2023) di Aula MAN 2 Sleman.

Hadir sebagai narasumber penyusunan SKP, Kepegawaian Kemang Kab. Sleman Muzayin Helmy, SH dan narasumber Diseminasi Publikasi Ilmiah, Guru Bahasa Inggris MAN 2 Sleman Anik Yuniawati, S.Pd.

Selama penyusunan SKP, semua guru dan pegawai MAN 2 Sleman wajib membawa laptop serta praktik langsung dengan mengikuti arahan dan penjelasan dari narasumber. Selama kegiatan berlangsung, beberapa guru mengajukan pertanyaan teknis dalam penyusunan SKP. Dengan penjelasan runtut dari Helmy, guru dan pegawai MAN 2 Sleman dapat menyusun SKP dengan baik. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Diseminasi Publikasi Ilmiah yang akan disampaikan oleh Anik Yuniawati, S.Pd. Anik merupakan salah satu peserta terpilih untuk mengikuti Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BKD) Semarang pada tanggal 16-21 Januari 2023 di Twins, Sleman.

Dalam pemaparannya, Anik menyampaikan pentingnya publikasi ilmiah bagi guru guna pengembangan diri. “Publikasi Ilmiah ini sangat penting untuk pengembangan diri guru, banyak contoh publikasi Ilmiah yang bisa kita buat, misalnya Best Practice dan buku pedoman guru,” tuturnya.

“Dua contoh publikasi ilmiah tersebut, mudah di laksanakan dan memiliki nilai angka kredit yang besar, yaitu Best Practice bernilai 2 dan buku pedoman guru bernilai 1, jadi tidak harus selalu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembuatan publikasi ilmiah,” jelasnya. (Qoma)