Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Unpad Jalin Kerja Sama Tridarma dengan Pemkab Serang

Unpad Jalin Kerja Sama Tridarma dengan Pemkab Serang

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Shofwatul Auliya

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, S.E., M.Ak. di Bale Sawala, Gedung Rektorat, Kampus Unpad Jatinangor, Senin (30/1/2023).

Pada kesempatan tersebut, Rektor mengungkapkan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi Unpad untuk menebar kebermanfaatan pada masyarakat.

”Masyarakat Serang adalah masyarakat yang menjadi sasaran kami untuk menuai kemaslahatan dari Unpad lewat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Serang,” ujar Rektor.

Kerja sama ini diawali dengan kolaborasi di bidang ikan dan pengelolaan laut. Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad Dr. Sc.agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si., dengan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana mengenai Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Institusi di Kabupaten Serang.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa Unpad memikl banyak dosen dengan ekspertise masing-masing. Unpad merupakan lembaga yang selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta melakukan pengabdian atas dasar hasil-hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Selain itu, Unpad juga telah bekerja sama dengan berbagai intansi nasional dan internasional.

Untuk itu, Rektor mengharapkan kerja sama ini dapat direalisasikan secara spesifik operasionalisasinya sehingga dampaknya dapat langsung terasa.

“MoU mudah dibuat, tapi yang dipertaruhkan adalah realisasi kegiatan apa yang akan dikerjakan,” tutur Rektor.

Hal senada dikatakan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Ia berharap kerja sama ini jangan sampai hanya sekadar seremonial saja. Kerja sama ini diharapkan dapat menggerakan perekonomian masyarakat berbasis potensi yang dimiliki Kabupaten Serang.

Ratu menjelaskan bahwa kerja sama ini penting dilakukan untuk menjalankan konsep pembangunan pentahelix yang salah satunya melibatkan akademisi.

“Tentunya, mitra yang paling strategis adalah perguruan tinggi,” jelas Ratu.

Payung hukum yang dibuat ini pun diharapkan akan disinergikan dengan masing-masing jurusan yang ada di Unpad. Dinas-dinas dan OPD yang lain juga diharapkan akan mengikuti kerja sama.

Ratu juga berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Serang demi menunjang program daerah yang berkelanjutan. (arm)*