Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pojok Statistik UII Terbaik Ketiga Nasional

Pojok Statistik UII Terbaik Ketiga Nasional

Pojok Statistik Universitas Islam Indonesia (UII) mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebagai tiga terbaik nasional. Terbaik pertama dan kedua ditempati oleh Universitas Brawijaya dan Universitas Sam Ratulangi. Saat ini, Pojok Statistik terdapat di 82 perguruan tinggi yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Kepala BPS Margo Yuwono. Acara dikemas dalam rangkaian peluncuran reformasi birokrasi BPS pada Senin, 30 Januari 2023 di Menara Danareksa, Jakarta. Selain penghargaan kepada Pojok Statistik, dalam acara tersebut juga diberikan apresiasi kepada 12 Desa Cantik yang memanfaatkan data dengan baik dalam pengelolaan desa. 

Setelah dibuka oleh Kepala BPS, cara dilanjutkan dengan pidato kunci oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas dan dilanjutkan dengan pemaparan anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad. 

Di UII, pojok yang dikawal oleh Jurusan Statistika ini merupakan kerja sama dengan BPS Daerah Istimewa Yogyakarta, dan secara resmi didirikan pada September 2022. 

Pojok ini memberikan beragam layanan terkait data dari BPS dan juga untuk meningkatkan literasi data. Keberadaan pojok ini diharapkan mengenalkan beragam data BPS secara dikenal lebih luas, termasuk pemahaman untuk setiap variabel data. Data tersebut dapat digunakan untuk penelitian yang menganalisis data BPS secara lebih mendalam. 

Selain itu, pojok ini juga memberikan edukasi statistik, termasuk pelatihan agen statistik dan konsultasi metode/data penelitian. Pojok ini juga menerima mahasiswa kerja praktik.

“Data sangat penting dalam pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan,” kata Fathul Wahid, Rektor UII, dalam sambutan singkat setelah menerima penghargaan. Rektor UII juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPS atas kerja sama baik yang selama ini sudah terjalin dengan UII.

Sementara itu, Achmad Fauzan selaku pengelola Pojok Statistik UII mengatakan sebelum berdirinya pojok tersebut, data BPS selama ini hanya diketahui secara terbatas melalui website. Sivitas akademika belum tahu jika ada silastik, mikrodata, dan layanan statistik lainnya. “Dengan adanya Pojok Statistik UII tentunya ragam data BPS semakin lebih dikenal dan kebermanfaatannya untuk penelitian pun menjadi lebih luas,” ujar pria yang juga dosen di Jurusan Statistika UII tersebut.

Menurutnya, ada tiga manfaat lain dengan eksistensi Pojok Statistik UII. Pertama, meningkatnya pemahaman mengenai variabel data yang dikumpulkan oleh BPS. Kedua, meningkatnya pemahaman tata cara mendapatkan data BPS, termasuk mikrodata. Ketiga, penulisan jurnal pun akan makin diperkaya dengan data BPS.