Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Ada yang Baru di Perpustakaan UNJA, Apa Saja?

Ada yang Baru di Perpustakaan UNJA, Apa Saja?

MENDALO,- UPT Perpustakaan Universitas Jambi (UNJA) terus berbenah dalam memberikan layanan yang lebih baik bagi para civitas akademika, pustakawan, dan pengunjung. Beberapa fitur dan layanan baru tampak menghiasi Gedung Perpustakaan UNJA.

Ketika masuk dari pintu utama, pengunjung akan diminta untuk mengisi daftar tamu melalui sistem digital komputer. Beberapa hal baru yang bisa langsung ditemui ketika memasuki Gedung Perpustakaan UNJA ialah spot membaca baru yang lebih modern dan artistik. Pengunjung bisa memilih untuk membaca buku bacaan di meja yang bersekat, tempat duduk melingkar, sofa, atau pun lesehan.

Lalu juga terdapat ruang buku terpisah tanpa tempat duduk untuk penyimpanan berbagai buku bacaan lengkap dengan colokan power outlet. Front office yang lebar juga siap membantu pengunjung dalam mendata buku yang ingin dipinjam dan dikembalikan, membuat kartu keanggotaan perpustakaan, atau hanya sekedar menanyakan informasi yang dibutuhkan.

Setiap rak juga sudah dilabeli dengan kode dan keterangan bidang ilmu untuk setiap buku. Selain buku-buku, terdapat kurang lebih 6 komputer yang bisa digunakan mahasiswa untuk mengakses internet secara gratis. Atau mahasiswa juga bisa menggunakan layanan internet Wi-Fi UNJA secara gratis melalui gadget masing-masing.

Gedung Perpustakaan UNJA juga memiliki spot menarik untuk dikunjungi, seperti museum mini yang berisikan beberapa alat tulis kantor tempo dulu berupa mesin ketik, VHS, OHV, telepon, scanner, printer, dan monitor yang sudah berusia 20-60 tahun.

Selain itu, juga terdapat Pojok Statistik hasil kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi dan Orang Rimba (SAD) Corner. Ruangan-ruangan khusus juga disediakan di Gedung Perpustakaan UNJA yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti Ruang Baca Khusus Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Ruang Aula Pertemuan, serta Ruang Multimedia yang bernuansa mini bioskop.

Drs. Saharudin, M.Ed., M.App.Sc, Ph.D., Ketua UPT Perpustakaan UNJA menjabarkan bahwa Perpustakaan UNJA akan memenuhi kebutuhan informasi dan bahan pustaka bagi seluruh civitas akademika UNJA.

“Perpustakaan Universitas Jambi berupaya berbenah diri untuk menjadi lebih baik dalam pemenuhan kebutuhan informasi dan bahan pustaka untuk civitas akademika Universitas Jambi. Dengan menambah koleksi buku teks, e-journal, dan e-book. Bisa mengunjungi kami di link https://librarynew.unja.ac.id/   atau e-journal yang dikemas dalam https://librarynew.unja.ac.id/jurnal/. UNJA sendiri memiliki 5 penerbit yang menjadi langganan, Springer Link, Taylor and Francis, Oxfor University Press, Cambridge University Press , serta Wiley. E-book juga tersedia dari penerbit Springer serta taylor & Francis. Juga tersedia 1900 judul e-book lokal berlangganan dalam platform “Kubuku” di https://librarynew.unja.ac.id/e-library-kubuku/,” ujar Drs. Saharudin.

“Untuk mendukung keterpakaian sumber daya perpustakaan digital tersebut, perpustakaan UNJA  telah dilengkapi sarana ruang baca yang nyaman dan 30 unit komputer untuk media baca digital dan petugas yang selalu siap membantu,” jelasnya.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS